Lexus RZ 450e Hadir Sebagai Cikal Bakal Toyota bZ4X

Lexus RZ 450e datang sebagai mobil listrik yang memliki banyak kemiripan dengan calon produk terbaru Toyota bZ4X

Lexus RZ 450e Hadir Sebagai Cikal Bakal Toyota bZ4X
Photo: Carscoops

TRENOTO – Lexus RZ 450e resmi diluncurkan dan menjadi unit produksi pertama yang menggunakan basis e-TNGA. Platform yang didedikasikan khusus mobil listrik dan menjadi cikal bakal Toyota bZ4X versi produksi.

Mobil listrik ini hadir dengan sedikit perbedaan pada bodi dan sudah menjadi ciri khas Lexus. Identitas produk-produk Lexus yang memiliki banyak lekukan pada bodinya.

Lebih jauh lexus yang merupakan brand mewah dari Toyota tentunya menawarkan karakter premium. Selain itu, terdapat fitur-fitur terkini dan ouput kendaraan yang lebih bertenaga.

Meskipun memang dibedakan dari segi detail kendaraan, namun secara keseluruhan tetap serupa. Bila ditelisik lebih jauh rancang bangun Lexus RZ 450e memiliki kemiripan Toyota bZ4X dan Subaru Solterra.

Photo : Carscoops

Kemiripan ketiga mobil listrik tersebut bisa dilihat dari bentuk lampu depan, belakang hingga bempernya.

Dikenalkan sebagai mobil listrik, fascia kendaraan tampak familiar karena tidak ada kisi-kisi grille maupun bemper. Mobil dibuat dengan gaya two tone namun bagian hitamnya menyasar hingga bonet hingga bagian tengah grille.

Lexus RZ 450e ditawarkan dengan dua motor listrik yang diklaim bisa menghasilkan 201 hp pada roda depan. Sementara pada roda belakang bisa menghasilkan 107 hp dan secara kombinasi sebesar 309 hp dan torsi 435 Nm.

Mobil listrik ini juga dikatakan menjadi model pertama Lexus yang disematkan penggerak 4 roda (Direct4 all-wheel drive). Sistem elektronik tersebut disebutkan mampu mendistribusikan torsi dari nol hingga 100 persen sepersekian detik.

Lexus RZ bisa menghadirkan akselerasi 0 – 100 km/jam 5.6 detik saja. Namun kecepatan maksimal kendaraan ini dibatasi hanya 160 km/jam.

Dilansir Carscoops, SUV listrik ini menggunakan baterai 96 cell dengan kapasitas 71.4 kWh lithium-ion. Baterai tersebut diklaim bisa membuat mobil menempuh 450 km dalam satu kali pengisian penuh.

Catatan tersebut dikatakan masih lebih rendah daripada mobil listrik Toyota. Toyota bZ4X dikatakan memiliki daya jelajah hingga 470 km menggunakan metode yang sama yakni WLTP.

Photo : Carscoops

Masuk ke dalam kabin, tampilan interior baik Lexus maupun Toyota kurang lebih sama. Bahkan bentuk alat kemudi atau setir terlihat mirip.

Lalu untuk fitur keselamatan dikatakan telah menggunakan Lexus Safety System+ 3.0 suite with sophisticated ADAS. Adapun fitur tersebut dibarengi Pre-Collision System dan Dynamic Radar Cruise Control.

Untuk pasar Amerika Serikat, Lexus RZ 450e dipasarkan dengan harga Rp699 juta.

Artikel Terkait