Lihat Koleksi Kendaraan Prabowo, Ada Motor Suzuki

Koleksi kendaraan Prabowo terbilang cukup banyak dan memiliki nilai beragam, bahkan ada sepeda motor Suzuki senilai Rp3.5 juta

Lihat Koleksi Kendaraan Prabowo, Ada Motor Suzuki
Photo: Katadata

TRENOTO – Selain dikenal memiliki banyak kuda, Prabowo Subianto juga memiliki kendaraan yang jumlahnya tidak bisa dikatakan sedikit. Beberapa mobil mewah dari berbagai merek telah menjadi bagian dari koleksinya.

Hal ini terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periodik 2021 yang disampaikan pada Desember 2021. Pelaporan harta kekayaan merupakan kewajiban setiap tahun bagi para penyelenggara pemerintahan.

Dalam laporan diketahui bahwa pria yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan ini memiliki sedikitnya 7 mobil dan 1 sepeda motor. Menariknya, kedelapan kendaraan tersebut tidak semuanya memiliki harga mahal karena ada beberapa kendaraan memiliki nilai cukup terjangkau.

Photo : Mobil123

Setidaknya ada 3 unit mobil bernilai Rp50 juta atau merupakan salah satu model termurah dari seluruh koleksinya. Mereka adalah Toyota Land Cruiser 1980, Land Rover 1992 dan 1994.

Selain itu Ia juga masih memiliki Honda CR-V 2007 senilai Rp130 juta dan Mitsubishi Pajero seharga Rp175 juta. Sementara untuk mobil termahal dari jenderal bintang 3 itu adalah Toyota Alphard serta sebuah Lexus dengan nilai Rp400 juta.

Selain mobil, Prabowo rupanya juga memiliki sepeda motor yang terdaftar atas miliknya sebagai kendaraan bernilai paling rendah. Sepeda motor tersebut bermerek Suzuki buatan 2002 dengan nilai taksiran Rp3.5 juta.

Photo : Mobil123

Total harta alat transportasi dan mesin yang Ia miliki adalah Rp1.258 miliar atau tidak berbeda bila dibandingkan pelaporan sebelumnya. Seluruh kendaraan miliknya dilaporkan sebagai hasil sendiri.

Setelah dipotong hutang Rp8 miliar, maka Prabowo memiliki harga senilai Rp2.032 triliun. Jumlah tersebut meningkat Rp31 miliar bila dibandingkan dengan laporan sebelumnya hanya sebesar Rp2.029 miliar.

Kenaikan didorong oleh penambahan nilai pada harta lainnya yang kini memiliki nilai Rp43.1 miliar. Sebelumnya, harta lainnya hanya memiliki nilai Rp40 miliar namun sayangnya tidak disebutkan secara detail apa-apa saja pemicu kenaikan harta.

Sementara itu, harga terbesar miliknya berasal dari surat berharga senilai Rp1.7 triliun. Ia juga memiliki harta berupa tanah dan bangunan di Jakarta serta Jawa Barat dengan nilai lebih dari Rp275.32 miliar.

Artikel Terkait