Link CCTV untuk Pantau Arus Mudik Jalan Tol Semakin Lengkap

Link CCTV untuk pantau arus mudik pada Lebaran kali ini cukup banyak, bahkan ada yang menampilkan jalan tol secara lengkap

Link CCTV untuk Pantau Arus Mudik Jalan Tol Semakin Lengkap
Photo: BPJT

TRENOTO – Memantau arus lalu lintas selama musim mudik Lebaran 2022 kini lebih mudah bila dibanding sebelumnya. Pasalnya masyarakat bisa memantau kepadatan yang terekam melalui CCTV di berbagai titik secara langsung melalui smartphone.

Ada beberapa link CCTV untuk pantau arus mudik Lebaran secara langsung. Dengan demikian masyarakat diharapkan bisa melihat dan menyesuaikan rute perjalanan saat hendak dilalui.

RTTMC Kementerian Perhubungan

Photo : Dephub

Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah Road Transport & Traffic Management Center (RTTMC) milik Kementerian Perhubungan. Melalui fasilitas ini maka masyarakat bisa melihat sekitar 30 titik jalan.

Lokasi-lokasinya pun sudah disesuaikan dengan titik-titik kemacetan seperti Gadong Puncak, Nagrek (Cagak), Karang Anyar hingga pintu tol Cikampek. Layanan ini cocok untuk digunakan bagi mereka yang mudik menggunakan jalur arteri.

Untuk melihatnya bisa klik tautan berikut ini.

Bina Marga PU

Photo : Binamarga

Bila pulang kampung menggunakan jalan tol, maka disarankan untuk memantau kepadatan lalu lintas memalui fasilitas dari Bina Marga. Pasalnya ada 60 ruas tol yang ditampilkan untuk bisa dipantau langsung oleh pemudik.

Ruas tol tersebut di antaranya adalah  Bali Mandara, Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Cikopo – Palimanan, Jakarta Cikampek, Jombang Mojokerto hingga Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Meski memiliki banyak titik CCTV, saat berita ini dibuat ada beberapa kamera offline.

Untuk melihatnya bisa klik tautan berikut ini.

Aplikasi Travoy

Jasa Marga juga memiliki aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam memantau arus lintas. Namun karena bentuknya aplikasi maka penggunanya harus menginstallnya terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

Aplikasi tersebut bernama Travoy dan telah tersedia di AppStore maupun PlayStore. Diluncurkan sejak 2019, aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk menampilkan informasi kepadatan dari rute yang hendak diambil.

Tentunya semua fasilitas tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Pemudik disarankan untuk tetap melakukan perencanaan matang sebelum memutuskan untuk mengambil waktu dan rute perjalanan.

Tak hanya itu, tidak ada salahnya untuk memiliki rute alternatif agar tidak terjebak kemacetan berkepanjangan. Dengan demikian diharapkan perjalanan bisa menjadi lebih menyenangkan ketimbang harus berpaku pada satu rute saja.

Artikel Terkait