Low MPV Hyundai Meluncur Tahun Ini, Jadi Lawan Avanza dan Xpander

Siap bersaing dengan Avanza dan Xpander, Low MPV Hyundai dipastikan meluncur dengan beragam fitur canggih tahun ini

Low MPV Hyundai Meluncur Tahun Ini, Jadi Lawan Avanza dan Xpander
Photo: Instagram @akhdan_qolbi

TRENOTO – Setelah menghadirkan mobil SUV kompak, Low MPV Hyundai dipastikan meluncur tahun ini. Hal tersebut disampaikan langsung Song Jung Ha selaku President Director PT Hyundai Motor Indonesia (HMID).

"Kami akan menghadirkan Low MPV tujuh penumpang yang telah dirancang khusus untuk Indonesia dan meluncur tahun ini," katanya disela acara Media Experience Day with Hyundai.

Meski demikian, pria yang akrab disapa Mr Ha tersebut enggan mengungkapkan lebih detail kapan dan spesifikasi lengkap kendaraan. Namun Ia optimis, Hyundai mampu bersaing dengan pabrikan lain di kelas yang sama.

"Menggunakan teknologi canggih. Kami belum bisa bilang tanggal pastinya, tapi akan meluncur tahun ini," ujarnya.

Walau belum ada kepastian model yang akan menjadi lawan Avanza dan Xpander di Indonesia, kuat dugaan peran ini akan dimainkan oleh Hyundai Stargazer

Seperti dilansir akun Instagram @akhdan_qolbi, mobil pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut kepergok tengah melakukan uji jalan di Bandung, Jawa Barat, September tahun lalu. 

Terkait fitur yang akan disematkan, Mr Ha mengaku mobil terbarunya itu akan memiliki sistem keamanan seperti milik Creta yakni SmartSense.

Untuk diketahui, fitur ini memiliki sistem keamanan seperti Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Terkait jantung pacu, Hyundai kabarnya akan menggunakan mesin 1.500cc sehingga mampu bersaing dengan milik kompetitor. Tak hanya itu, kabar yang beredar juga menyebut Hyundai Stargazer akan memiliki pilihan mesin diesel.

Selain kepergok tengah diuji jalan, mobil ini juga sudah didaftarkan pabrikan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dengan nomor id permohonan DID2020072199 dan tanggal permohonan 20 November 2020.

Photo : Instagram @akhdan_qolbi

Hyundai Miliki Pabrik di Cikarang

Sebagai bentuk komitmennya, Hyundai saat ini memiliki pabrik di Cikarang, Jawa Barat. Model pertama yang akan diproduksi pabrikan ialah Creta.

Memiliki luas lahan 77,7 hektar, pabrik tersebut bisa melakukan produksi mobil hingga 150 ribu unit per tahun. 

Seperti diketahui, Hyundai resmi menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah Indonesia terkait pembangunan pabrik pada 26 November 2019. Menjadi pusat manufaktur pertamanya di Asia Tenggara, investasi yang dikeluarkan mencapai USD 1,55 miliar sampai 2030.

Artikel Terkait