Luhut Dorong Wuling Segera Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia

Luhut mendorong Wuling untuk segera memasarkan mobil listrik buatannya di Indonesia untuk mempercepat era elektrifikasi

Luhut Dorong Wuling Segera Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia
Photo: wuling

TRENOTO – Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mendorong Wuling Motors untuk segera memasarkan mobil listrik buatannya. Ia berharap pabrikan mobil asal China tersebut memasarkan kendaraan ramah lingkungan pada akhir 2022.

Luhut menyatakan hal tersebut di atas dalam kunjungannya ke pabrik Wuling Motors Indonesia di Cikarang, Jawa Barat (30/09). Ia juga didampingi dua Menteri lainnya yakni Menhub Budi Karya Sumadi dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Ketiga menteri tersebut dikatakan untuk memberikan dukungan pada Wuling, untuk masuk ke era elektrifikasi kendaraan listrik di Indonesia.

“Kalau bisa dipasarkan secepatnya akhir 2022, agar masyarakat bisa beralih ke mobil listrik lebih cepat,” kata Luhut dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kesempatan ini, para pejabat Pemerintah tersebut juga melihat proses produksi kendaraan di pabrik mobil asal Tiongkok tersebut. Kunjungan perwakilan Pemerintah tersebut didampingi Shi Guoyong selaku President Director Wuling Motors dan Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors.

Photo : wuling

“Wuling hingga kini telah menghadirkan lini produk berkualitas di pasar otomotif Indonesia, bahkan menjadi komoditas ekspor. Selama masa pandemi, Wuling turut menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam proses manufaktur,” ucap Shi Guoyong.

Tidak hanya melihat proses produksi mobil-mobil Wuling Motors, kunjungan pejabat Pemerintah kali ini difokuskan pada kendaraan listrik. Wuling mengajak para pejabat untuk mencoba unit-unit kendaraan listrik buatannya.

Adapun produknya mulai dari E100, E200, E300 hingga mini EV. Produk yang terakhir disebut diklaim sebagai unit paling laris penjualannya di China.

Wuling juga memperkenalkan teknologi yang ditanamkan pada platform GSEV. Teknologi tersebut dihadirkan dalam kendaraan penumpang dan logistik tanpa pengemudi, konektivitas 5G serta komputasi awan.

Luhut dan jajarannya merasakan berada di dalam kabin E100 dan Mini EV untuk berkeliling pabrik Wuling Motors di Cikarang. Mereka juga merasakan bagaimana inovasi yang dikembangkan untuk memudahkan konsumen.

“Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Wuling juga membutuhkan dukungan dari Pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem di Indonesia,” jelas Shi Guoyong.

Artikel Terkait