Malam Tahun Baru, Polda Metro Jaya Terapkan Crowd Free Night

Polda Metro Jaya siap menerapkan Crowd Free Night (CFN) saat malam tahun baru sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Covid-19

Malam Tahun Baru, Polda Metro Jaya Terapkan Crowd Free Night
Photo: Humas Polri

TRENOTO – Sebagai langkah antisipasi, Polda Metro Jaya akan menerapkan Crowd Free Night (CFN) saat malam tahun baru. Agar berjalan dengan baik, pihak Kepolisian menggandeng  sejumlah instansi terkait seperti Kodam Jaya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Dinas Perhubungan.

“Untuk pengamanan malam tahun baru itu akan diberlakukan Crowd Free Night,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan usai melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait.

Seperti dilansir Korlantas Polri, Kombes Pol Zulpan menegaskan, Polda Metro Jaya telah menyiapkan 73 titik pelaksanaan CFN yang tersebar di 6 wilayah DKI Jakarta.

“Tersebar di 6 kawasan, seperti Sudirman dan MH Thamrin, kawasan Monas, Kemayoran, Asia Afrika, Kemang, Dharmawangsa, Senopati,” jelasnya.

Selain itu, pesta tahun baru di malam pergantian tahun akan ditiadakan guna mencegah kerumunan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Kemudian untuk kegiatan yang bersifat hiburan seperti mal atau tempat keramaian lain akan dibatasi operasionalnya hingga pukul 22.00 WIB,” pungkas Kombes Pol Zulpan.

Photo : NTMC

Tak hanya itu, selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Polda Metro Jaya juga menerapkan beberapa aturan, salah satunya ganjil genap di lokasi wisata. Kebijakan ini akan berlaku pada akhir pekan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kebijakan ini berlaku di kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah.

“Aturan ganjil genap di tempat wisata hanya berlaku mulai Jumat-Minggu, mulai pukul 12.00 hingga18.00 WIB,” ujarnya.

Untuk mengurangi mobilitas warga di tempat wisata saat libur Nataru, aturan ini berlaku Jumat hingga Minggu, mulai pukul 12.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Sambodo menambahkan, pos pengendalian ganjil genap di tiap kawasan terbagi menjadi dua bagian. Khusus Taman Impian Jaya Ancol, pihak Kepolisian telah menyiapkan pos pengendalian di depan jalan masuk gerbang barat dan pintu masuk gerbang timur.

Sementara itu, untuk pos pengendalian Taman Mini Indonesia Indah (TMII), berada di depan pintu 1 TMII dan pertigaan lampu lalu lintas arah Cipayung.

Artikel Terkait