Mazda Indonesia Beri Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru

Mazda Indonesia beri bantuan korban erupsi gunung Semeru melalui yayasan kitabisa untuk bangun fasilitas umum

Mazda Indonesia Beri Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru
Photo: Mazda Indonesia

TRENOTO – Dampak erupsi gunung Semeru pada 4 Desember 2021 masih dirasakan oleh masyarakat di sekitar. Kondisi tersebut membuat PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia) berinisiatif untuk memberikan bantuan.

Untuk memastikan bantuan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan, Mazda Indonesia melakukan analisa terlebih dahulu. Dari analisa diketahui bahwa pemulihan fasilitas umum menjadi salah satu yang harus didahulukan.

Oleh karenanya Mazda Indonesia beri bantuan korban erupsi gunung Semeru berupa pembangunan sarana serta fasilitas. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari bentuk Gerakan Brand Untuk Kebaikan Bantu Korban Bencana Gunung Semeru di awal tahun 2022 dan disalurkan melalui Yayasan Kita Bisa.

Photo : Mazda

“Perbaikan atau pengadaan fasilitas umum merupakan hal penting diperhatikan agar tidak menghambat aktivitas pemulihan keadaan warga terdampak erupsi. Melalui kegiatan tanggap darurat pasca-erupsi ini diharapkan dapat meringankan beban para korban dan kegiatan semua warga dapat kembali berjalan seperti sedia kala,” ungkap Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia.

Bertempat di kantor PT Eurokars Motor Indonesia, prosesi serah terima dilakukan secara simbolis kepada perwakilan dari Kitabisa. Donasi yang diterima nantinya akan ditujukan untuk perbaikan ataupun pengadaan kebutuhan fasilitas umum di lokasi terdampak seperti pengisian huntara (hunian sementara) atau pembuatan MCK.

“Kolaborasi bersama ini ialah wujud kontribusi membantu sesama yang membutuhkan dan terdampak pasca-erupsi Semeru. Melalui program Gerakan Brand Untuk Kebaikan Bantu Korban Bencana Gunung Semeru, diharapkan dapat meringankan beban para korban serta warga sekitar,” ungkap Marisa Thara Wardhani, Head of Brand Partnership Kitabisa.

Komunitas Turun Tangan

Photo : Mazda

Sebelumnya diberitakan bahwa komunitas Mazda CX-3 iD juga telah melakukan langkah serupa pada Desember 2021. Ketika itu mereka menyerahkan bantuan pada lembaga kemanusiaan non-profit Icikiwir Berbagi.

Bantuan berupa dana tersebut diserahkan di diler Mazda Simprug dan diharapkan bisa mengurangi beban para korban erupsi gunung Semeru. Tentunya bantuan sudah diserahkan dalam beragam cara.

Meski erupsi gunung Semeru sudah mereda, korban masih belum dapat kembali ke rumahnya masing-masing. Pemerintah pun kini membangun ribuan hunian sementara dengan meratakan lahan hutan milik Perhutani di Desa Sumbermujur.

Sayangnya keputusan tersebut rupanya memiliki dampak negative. Pasalnya, lahan yang digunakan untuk pembangunan selama ini digunakan oleh masyarakat untuk bercocok tanam dan menjadi pemasukan utama.

Artikel Terkait