Melihat Fitur Keselamatan pada Low MPV, Siapa Paling Unggul

Selain mesin, fitur keselamatan pada mobil Low MPV menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen Indonesia

Melihat Fitur Keselamatan pada Low MPV, Siapa Paling Unggul
Photo: Toyota

TRENOTO – Menjadi salah satu segmen yang banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia, mobil low MPV sering kali mendapat pembaharuan dari berbagai sisi. Salah satu yang menjadi perhatian ialah fitur keselamatan.

Berfungsi penting, fitur keselamatan menjadi perhatian konsumen sebelum membeli kendaraan. Terdapat empat merek kendaraan yang bermain di segmen Low MPV, siapa penyedia fitur keselamatan paling unggul?

Avanza 2022

Resmi melucur beberapa waktu lalu, Avanza 2022 mendapat sederet fitur keselamatan, seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist di semua model. Terdapat juga Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) pada mobil sejuta umat tersebut.

Selain itu, mobil 7 penumpang ini dilengkapi 6 airbags, fitur rear crossing traffic alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur blind spot monitoring melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika terdapat mobil lain yang bergerak di area blind spot.

Avanza 2022 juga dilengkapi teknologi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada Low MPV ini terdiri dari empat fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking.

Fitur ini mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat.

Hadir pula fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat. 

Selanjutnya terdapat fitur Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Fitur keempat adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Photo : MMKSI

New Xpander

Senada dengan Avanza 2022, mobil andalan Mitsubishi juga mengalami perubahan beberapa waktu lalu. Memiliki beragam fitur keselamatan new Xpander disematkan  Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR di tiga titik dan ISO-FIX child seating fixing bar.

Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki New Speed Sensitive Automatic Door Lock, New Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, ASC (Active Stability Control), ABS-EBD dengan BA, ESS, dan Hill Start Assist.

Photo :

Suzuki Ertiga

Ikut memeriahkan pasar Low MOV, Suzuki Ertiga juga memiliki beragam fitur keselamatan, seperti Dual SRS Airbag, Hill Hold Control, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Electronic Stability Programme.

Menjadi pertolongan pertama saat terjadi percikan api, mobil pabrikan otomotif Jepang ini juga dibekali Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Photo : Trenoto

Daihatsu Xenia

Meski menyandang predikat kembar dengan Avanza 2022, Daihatsu Xenia telah dilengkapi teknologi A.S.A (Advanced Safety Assist) yang menjadi andalannya saat ini.

Terdapat juga enam fitur keselamatan aktif yaitu Collision Warning Function, Hill-Start Assist, Pedal Misoperation Control, Leading Vehicle Departure Warning, Lane Departure Warning, dan Lane Departure.

 

Artikel Terkait