Melihat Logo Mazda dari Masa ke Masa, Berubah Total

Berubah total, logo Mazda mengalami perubahan hingga 7 kali sejak awal menjadi pabrikan otomotif hingga saat ini

Melihat Logo Mazda dari Masa ke Masa, Berubah Total
Photo: Mazda

TRENOTO – Menjadi identitas sebuah merek, logo memiliki arti penting bagi perusahaan. Seiring berjalannya waktu, perubahan pada logo juga terjadi, tak terkecuali Mazda.

Mengalami perubahan hingga 7 kali, ayo lihat lebih dekat logo Mazda dari masa ke masa.

Memiliki sejarah panjang, perusahaan otomotif asal Jepang ini berumur lebih dari 100 tahun. Didirikan oleh Jujiro Matsuda sejak 1920, nama perusahaan pertamanya ialah Toyo Cork Kogyo Co Ltd.

Hadir di kota Hirosima, perusahan awalnya memproduksi peralatan mesin. Peralihan ke bisnis otomotif akhirnya dilakukan pada 1931.

Nama Mazda awalnya disematkan pada mobil pertama yang diproduksi yakni Mazda-Go. Dilansir situs resminya, nama tersebut dipilih karena terinspirasi oleh Dewa Cahaya pada kepercayaan Zoroaster bernama Ahura Mazda.

Penggunaan  Mazda juga dinilai mirip dengan nama pendirinya Matsuda. Untuk lebih jelasnnya, TrenOto telah merangkumnya secara detail perubahan logo Mazda, berikut ulasannya.

Ubahan Logo Mazda

Photo : Mazda

  • 1934

Menjadi indentitas pertama Mazda, logo ini awalnya hanya terdapat pada surat resmi perusahaan. Penggunaannya dikenal luas setelah kendaraan pertamanya, truk 3 roda meluncur secara resmi.

Photo : Mazda

  • 1936

Tak bertahan lama, logo kedua hadir pada 1936. Terinspirasi kota kelahirannya, Hirosima, logo kedua menggunakan triple M dengan sayap.

Penggunaan M tak terlepas dari huruf pertama dari kata Mazda. Sedangkan penggunaan sayap menjadi representasi dari kecepatan dan kelincahann kendaraan yang diproduksi.

Photo : Mazda

  • 1959

Bertahan 23 tahun, Mazda kembali merubah logo yang digunakan. Berbeda jauh dengan sebelumnya, kali ini perusahaan menggunakan lingkaran dengan huruf M di dalamnya.

Lingkaran yang digunakan mereprentasikan matahari sebagai kebanggaan Jepang. Perubahan ini juga menandakan peluncuran mobil penumpang pertamanya. 

Photo : Mazda

Artikel Terkait