Mengenal Fitur V2L pada Hyundai Ioniq 5

Fitur V2L pada Hyundai Ioniq 5 hadir dengan beragam keunggulan menarik, termasuk Vehicle-to-Load untuk kegiatan pelanggan

Mengenal Fitur V2L pada Hyundai Ioniq 5
Photo: Hyundai

TRENOTO – Kehadiran Hyundai Ioniq 5 berhasil menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung IIMS Hybrid 2022. Mobil listrik yang diproduksi di Bekasi ini hadir dengan beragam keunggulan.

Salah satunya adalah fitur Vehicle-to-Load atau yang disebut V2L. Melalui fitur ini, maka Ioniq 5 bisa menjadi sumber listrik pendukung mobilitas penggunanya baik dalam kegiatan indoor maupun outdoor.

Fitur ini memiliki pasokan arus listrik tipe AC sebesar 3.6 kW yang melebihi standar daya listrik domestik untuk satu rumah tangga. Arus listrik tersebut dapat diperoleh dari 2 sumber serta dapat dipakai bersamaan, yaitu dari port bagian luar dan bagian dalam.

Untuk port bagian luar, bisa difungsikan meski mobil dalam kondisi berhenti atau mati sehingga cocok bila digunakan saat travelling. Sementara port dalam hanya bisa digunakan saat mobil tengah dinyalakan atau dalam posisi idling.

Fitur V2L pada Hyundai Ioniq 5 dapat diaplikasikan untuk mengisi daya perangkat bertenaga listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, peralatan berkemah hingga treadmill. Selain itu saat di situasi di mana mobil listrik lain tengah kehabisan baterai, fitur ini dapat digunakan untuk mengecas mobil tersebut menggunakan Handheld Portable Charger.

Meksi demikian Bonar Pakpahan, Assistant Manager of Product Planning PT Hyundai Motors Indonesia menyarankan kepada pelanggan untuk mengatur penggunaan daya. Hal ini agar mobil tetap dapat digunakan berkendara setelah selesai digunakan.

“Besaran daya yang digunakan bisa dibatasi, misalnya 40 persen untuk pengisian daya sementara sisanya digunakan berkendara. Semua itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan masing-masing,” tegasnya.

Artikel Terkait