Mengenal Kode Huruf Transmisi Otomatis New Toyota Avanza

New Toyota Avanza hadir memiliki kode huruf transmisi yang perlu diketahui pengemudi agar tak terjadi kesalahan

Mengenal Kode Huruf Transmisi Otomatis New Toyota Avanza
Photo: Toyota Astra motor

TRENOTO – Memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, New Toyota Avanza hadir dengan dua pilihan transmisi yakni manual dan automatic. Keduanya mampu bekerja maksimal berkat mesin 1NR-VE 1.329cc 4-silinder serta 2NR-VE 4-silnder.

Memiliki perubahan, jantung pacu yang disematkan kini dipadukan dengan CVT (Continious Variable transmission). Khusus transmisi otomatis, terdapat kode huruf yang harus dipahami pemilik kendaraan agar tak terjadi kesalahan saat berkendara.

Kode huruf transmisi otomatis New Toyota Avanza

Pada umumnya huruf yang terdapat pada mobil transmisi otomatis urutan sama yakni P-R-N-D. Meskipun ada beberapa mobil mewah yang sudah menghilangkan fitur tuas persneling menjadi tombol sehingga urutannya berbeda.

Huruf pertama ialah P, sama dengan mobil automatic lainnya, kode ini memiliki arti parking. Saat tuas transmisi berada di posisi ini, maka mobil sudah dalam keadaan terparkir dan hendak dimatikan oleh pengemudi.

Selain itu, tuas transmisi wajib ada di posisi ini apabila pengemudi hendak menyalakan kembali kendaraan. Tak lupa injak rem sebagai prosedur keselamatan. 

Selanjutnya terdapat huruf R. Sesuai artinya reverse atau mundur, tuas transmisi yang berada di kode ini akan membuat kendaraan berjalan mundur. Huruf ini biasanya digunakan untuk memarkirkan mobil.

Saat menggeser tuas transmisi ke posisi ini, pengemudi wajib berhenti terlebih dulu agar tak terjadi kesalahan.

Setelah itu terdapat huruf N. Memiliki arti netral, tuas transmisi yang berada di posisi ini akan membuat mobil tak bergerak maju ataupun mundur. Posisi ini cocok digunakan apabila pengemudi berada di kondisi macet atau sedang menunggu lampu lalu lintas.

Posisi di bawahnya terdapat kode D. Memiliki arti drive atau jalan, transmisi tuas harus berada di posisi ini saat mobil hendak digunakan berjalan.

Photo : Pribadi

Perhatian dengan baik, posisi ini apabila pengemudi menggesernya dari posisi R. Hal ini harus menjadi perhatian agar tak terjadi kesalahan ketika berkendara.

Selain itu terdapat huruf S di antara tanda plus dan minus. Kode ini memiliki arti sport. Saat tuas transmisi berada di posisi ini, tenaga yang dihasilkan mobil diklaim lebih maksimal.

Pengemudi yang menginginkan tenaga lebih besar saat berkendara bisa mengandalkan kode tersebut.

Huruf terakhir yang terdapat pada tuas transmisi ialah M, memiliki arti manual, pengemudi yang ingin meningkatkan atau mengurangi gigi dengan lebih leluasa bisa menggunakan kode ini.

Tak heran, diantara huruf tersebut juga ada kode plus dan minus yang berarti pertambahan dan pengurangan gigi dapat dilakukan pengemudi.

Saat masuk ke mode Manual, layar MID di panel instrumen akan menampilkan posisi gigi saat itu.

Artikel Terkait