Mercedes-Benz akan Tinggalkan Transmisi Manual Mulai 2023

Mercedes-Benz akan tinggalkan transmisi manual mulai 2023 secara bertahap di benua Eropa dan diikuti negara lain

Mercedes-Benz akan Tinggalkan Transmisi Manual Mulai 2023
Photo: 123rf

TRENOTO – Mercedes-Benz akan tinggalkan transmisi manual pada 2023 jelang peralihan ke era elektrifikasi. Pabrikan mobil asal Jerman tersebut mengatakan konsumen mereka mulai beralih ke kendaraan listrik.

Seperti diketahui bahwa kendaraan listrik yang saat ini dipasarkan tanpa sistem transmisi. Artinya kendaraan hanya menyediakan pedal gas untuk akselerasi dan rem guna menghentikan kendaraan.

Meskipun terdapat beberapa pabrikan mulai mengembangkan kendaraan listrik dengan transmisi manual. Namun sejatinya teknologi tersebut dikembangkan untuk memberikan pengalaman berbeda saja.

Photo : 123rf

Rencana Mercedes-Benz untuk meninggalkan transmisi manual mulai tahun depan berlaku di benua Eropa. Sehingga model-model yang diluncurkan pada 2023 sudah mengadopsi transmisi otomatis.

“Dengan meningkatnya elektrifikasi, kami melihat bahwa permintaan pelanggan bergeser ke komponen mobilitas listrik, baterai dan sistem penggerak listrik,” ucap juru bicara perusahaan seperti dikutip Automobilwoche.

Ia menambahkan bahwa Mercedes-Benz secara bertahap tidak lagi menawarkan mobil dengan transmisi manual. Kabar ini dikatakan sudah menjadi wacana sejak dua tahun silam.

Saat itu dikatakan langkah tersebut dilakukan untuk memangkas biaya produksi.

Disitat dari Carscoops, Mercedes-Benz di benua Eropa hanya menawarkan kendaraan bertransmisi manual pada model entry level. Adapun modelnya antara lain A-Class, B-Class, dan CLA.

Lebih jauh disebutkan pabrikan mobil asal Jerman tersebut sudah menghentikan pilihan transmisi manual di pasar AS. Mereka hanya menawarkan mobil dengan transmisi otomatis.

Transmisi otomatis memang semakin digandrungi khususnya di kota-kota besar. Sama halnya dengan pasar Tanah Air yang lebih banyak menyediakan mobil transmisi otomatis.

Walaupun dianggap lebih praktis, namun beberapa konsumen masih mendambakan transmisi manual. Karena mereka bisa berakselerasi lebih dan merasakan buasnya tenaga mesin.

Adapun Mercedes-Benz memiliki divisi mobil berperforma yang dikenal dengan nama AMG. Namun belakangan manufaktur mobil bermarkas di Stuttgart ini menawarkan varian AMG dengan transmisi otomatis.

Photo : 123rf

Lalu dikabarkan hanya terdapat beberapa negara tertentu saja yang masih menawarkan varian bertransmisi manual. Beberapa model diantaranya adalah A-Class, B-Class dan jajaran CLA.

Hingga berita ini ditayangkan belum ada jawaban dari pihak Mercedes-Benz Indonesia mengenai kabar transmisi manual. Apakah mereka mendapat keistimewaan lebih untuk memasarkan unit transmisi manual atau tidak.

Artikel Terkait