Mini Electric Resmi Meluncur Harga Nyaris Rp1 MIliar

Hadir sebagai kendaraan ramah lingkungan, Mini Electric resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp945 jutaan

Mini Electric Resmi Meluncur Harga Nyaris Rp1 MIliar
Photo: TrenOto

TRENOTO – Setelah cukup lama menarik perhatian pecinta otomotif, Mini Electric resmi meluncur di Indonesia. Dibanderol tak sampai Rp1 miliar, mobil pabrikan Inggris ini diklaim memiliki beragam keunggulan.

"Hari ini MINI kembali membuat pencapaian penting dengan menjadi brand otomotif premium pertama di segmennya yang meluncurkan kendaraan full listrik, dan mulai hari ini Mini Electric telah tersedia untuk pelanggan di Indonesia," kata Ramesh Divyanathan selaku President Director BMW Group Indonesia.

Merupakan kendaraan full listrik (BEV) pertama dari Mini Indonesia, mobil ini dibenamkan motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga hingga 184 hp dan torsi maksimum 270 Nm. 

Penggunaan baterai lithium-ion khusus memungkinkan kendaraan untuk menjangkau jarak 232 kilometer. Mobil ini juga mampu melakukan akselerasi dari 0-60 kilometer per jam dalam 3,9 detik dan mencapai kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam 7,3 detik.

Photo : TrenOto

Saat melakukan pembelian kendaraan, konsumen juga mendapatkan wallbox charging dan biaya pemasangan, sehingga pengisian daya bisa dilakukan di rumah selain menyambangi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Terdapat juga sistem Fast Charging menggunakan CCS DC Charging hingga 50 kW.

Dari sisi dimensi, desain dan ruang, mobil full listrik ini mengadopsi model Mini 3 Door. Menjaga keamanan pengendara, daya elektronik dilindungi oleh penyangga bumper yang diperkuat dan rangka penyangga motor. 

Sedangkan baterai tegangan tinggi dilindungi oleh pelat dasar yang kokoh. Pada situasi darurat tabrakan, penggerak listrik akan segera dimatikan. 

Dengan bobot tanpa muatan bobot Mini Electric 1.365 kilogram atau lebih berat sekitar 150 kilogram dari MINI Cooper S 3 Door.

Photo : TrenOto

Cara Mengisi Daya Mini Electric

Apabila pemilik kendaraan memilih menggunakan daya pengisian 11kW, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kendaraan hingga 80 persen sekitar 2,5 jam. Sedangkan menggunakan travel charger dengan daya pengisian 2,3 kW, waktu yang dibutuhkan sekitar 12 jam untuk mengisi 80 persen daya kendaraan.

Jika pemilik kendaraan memilih menggunakan DC atau fast charging dengan daya pengisian hingga 50kW membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk mengisi 80 persen daya kendaraan.

Selain Mini Electric, MINI Indonesia juga menghadirkan varian Mini Electric Collection atau aksen desain istimewa dan fitur peralatan baru. Dikembangkan untuk edisi terbaru MINI, khusus varian ini disematkan desain front-end dan Multitone Roof. 

Varian ini juga mendapatkan lampu depan LED Adaptive, door sill dengan logo Mini Electric, sport seats dengan kombinasi Light Grey fabric/leatherette. Dari sisi interior, disematkan finishing Aluminium Mini Yours dan  lapisan atap berwarna antrasit. 

Terkait harga, Mini Electric dan MINI Electric Collection masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 945.000.000 dan 955.000.000, off the road.

Artikel Terkait