Mitsubishi Fuso Punya Varian Khusus Area Tambang

Mitsubishi Fuso luncurkan varian khusus area tambang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021

Mitsubishi Fuso Punya Varian Khusus Area Tambang
Photo: Istimewa

TRENOTO –  Mitsubisi Fuso Fighter FN62FR 6X4 yang menjadi varian Mining Spec secara khusus dilengkapi fitur-fitur atau komponen khusus. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memastikan terdapat 4 fitur yang mampu meningkatkan performa saat melalui medan-medan sulit di area tambang.

Fitur pertama adalah Power Take Off (PTO) yang digunakan sebagai kelengkapan standar. Fitur penunjang kinerja transmisi ini bekerja untuk mengatur hubungan antara idle gear dan gear PTO yang meneruskan putaran mesin ke pompa hidrolik melalui as PTO. 

Sementara fitur-fitur lainnya adalah rotary lamp yang terinstal di atap kabin, berguna sebagai penanda dan mampu meningkatkan jarak pandang di area tambang. Kemudian Radiator Guard untuk melindungi bagian bawah truk dari batu dan Mudguard sebagai pelindung lumpur.

Menurut Duldjatmono, EVP Sales & Marketing Division KTB, penambahan perangkat pada varian Mitsubishi Fuso Mining Spec ini sudah disesuaikan dengan permintaan para konsumennya. Dan jika dihitung, penambahan tersebut memiliki nilai sebesar Rp 20 juta.

PTO dan 3 perangkat lainnya memang secara teknis bisa dipasang sindiri atau dipindahkan ke unit truk lain. Namun pihak KTB tidak menjamin dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

"PTO dan perangkat lainnya sudah terinstal langsung di pabrik. Kami tidak menyarankan kepada pemilik untuk mencopotnya serta memindahkan ke unit lain. Dan jika hal tersebut dilakukan maka jaminan garansi tidak akan berlaku lagi," jelas Duldjatmono.  

Dikesempatan yang sama KTB juga memberikan keterangan tentang era digitalisasi, dimana mereka telah memulainya sejak 2017 lewat sistem bernama Runner. Sistem ini membuat para pemilik armada bisa mengelola unitnya dengan presisi secara online dan tentunya sangat berguna di masa pandemi.

Runner dapat memonitoring unit lewat GPS.Selain dapat memantau lokasi unit juga jarak tempuhnya, pemilik atau pengelola juga bisa mengetahui kondisi kendaraan seperti tekanan ban serta jumlah konsumsi bahan bakar. Tak ketinggalan, dalam kondisi darurat, pemilik dapat melakukan engine starter kill.

“Sekarang di Indonesia sudah ada 144 ribu unit Mitsubishi Fuso dilengkapi dengan Runner. Selain itu, kami baru-baru ini memperkenalkan aplikasi baru Runner Driver yang dibuat khusus untuk memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi dan laporan kinerja”, jelas Naoya 'Rocky' Takai, Presiden Direktur KTB.

Lainnya, KTB juga menyebut akan memperkenalkan varian baru Mitsubishi Fuso tracktor head 4X2 kelas medium khusus untuk segmen logistik. Untuk diketahui, sedikitnya 50 persen pengguna Fuso bergerak di segmen ini.
 

Artikel Terkait