Mitsubishi Xpander Hybrid akan diluncurkan pada 2023

Mitsubishi Xpander hybrid dikatakan akan memasuki pasa ASEAN mulai 2023 dan salah satunya adalah Indonesia

Mitsubishi Xpander Hybrid akan diluncurkan pada 2023
Photo: MMKSI

TRENOTO – Mitsubishi Xpander Hybrid siap diluncurkan pada tahun fiskal 2023. Hal ini akan menambah sengit persaingan Low MPV di Indonesia yang juga dihuni oleh Avanza, Xenia hingga Wuling Confero

Mitsubishi Xpander sendiri merupakan model andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Tanah Air. Low MPV tersebut diyakini akan mendapat sentuhan baru yakni sumber daya listrik. Hal ini diungkapkan President Director PT MMKSI Naoya Nakamura.

"Sesuai dengan yang diumumkan saat rencana bisnis MMC, mobil listrik baru akan terealisasi setelah tahun fiskal 2023 untuk ASEAN," kata Nakamura disela peluncuran new Xpander, Senin (8/11/2021).

Dalam penjelasannya, Nakamura menyebut, hadirnya Xpander hybrid menjadi salah satu upaya pabrikan mendukung keinginan pemerintah terkait kendaraan listrik. 

Walau sudah memastikan kehadiran Xpander hybrid, pabrikan mobil asal Jepang tersebut enggan mengungkapkannya lebih detail.

Photo : MMKSI

"Kami akan terus berupaya mendukung program pemerintah untuk melakukan sosialisasi kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada Maret 2021. Terkait hal tersebut, MMC akan memberikan investasi sebesar Rp11,2 triliun.

Sebagai informasi, MMKSI secara resmi memperkenalkan Xpander terbaru, Senin (8/11/2021). Memiliki berbagai perubahan, salah satu yang mencolok ialah hadirnya CVT. Hadirnya perubahan ini diklaim mampu memberikan kenyamanan layaknya transmisi AT 8 percepatan.

Xpander terbaru juga diklaim lebih efisiensi bahan bakar serta perpindahan gigi yang lebih mulus karena dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro4, yang mampu menghasilkan output maksimum 103 hp pada 6,000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Saat ini, Xpander memiliki tujuh pilihan varian, yakni Xpander Ultimate CVT, Xpander Sport CVT, Xpander Sport MT, Xpander Exceed CVT, Xpander Exceed MT, Xpander GLS CVT, Xpander GLS MT.

Khusus Xpander Cross memiliki tiga pilihan varian, yakni Premium Package CVT, Cross CVT, dan Cross MT. Model ini memiliki lima pilihan warna yakni, quartz white pearl, blade silver metallic, jet black mica, graphite gray metallic, dan sunrise orange. Seluruh varian Xpander Cross hadir dengan warna interior Black and Navy.

Walau sudah diperkenalkan, Mitsubishi masih enggan mengungkapkan secara jelas harga yang akan ditawarkan. Nakamura menyebut, harga Xpander secara jelas akan diumumkan pada acara GIIAS Kamis mendatang.

Artikel Terkait