Mobil Listrik Apple Meluncur Pada 2025

Ramah Lingkungan, mobil listrik Apple yang pertama di dunia akan hadir dengan beragam fitur canggih seperti sistem otonom

Mobil Listrik Apple Meluncur Pada 2025
Photo: Motorbeam

TRENOTO – Siap diperkenalkan 2025, mobil listrik Apple Inc akan hadir dengan beragam fitur canggih, salah satu yang menjadi perhatian ialah kemampuan self-driving secara penuh. 

Seperti dilansir Motorbeam, Senin (22/11/2021), proyek yang sedang dikembangkan ini memiliki nama ‘Project Titan’. Pemimpin proyek, Kevin Lynch menyebut, kendaraan sejak awal dikembangkan untuk bisa berjalan sendiri.

Meski demikian, tak diketahui secara pasti bagaimana mobil ini dapat berfungsi maksimal dan memberikan rasa nyaman serta aman bagi penumpangnya. 

Selain mampu berjalan sendiri, mobil terbaru Apple juga lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan konvensional yang ada saat ini. Hal ini dikarenakan sistem electric vehicle (EV) disematkan sebagai sistem penggerak kendaraan. 

Telah dikembangkan, prosesor baru dan sensor self-driving akan segera masuk tahap uji coba. Perusahaan pembuat iPhone ini telah membeli 69 SUV Lexus yang akan digunakan untuk menguji peralatan dan perangkat lunak barunya dalam waktu dekat.

Photo : Motorbeam

Tak hanya sistem penggerak dan fitur otonom, salah satu aspek yang juga diperhatikan Apple ialah sistem keselamatan yang terdapat pada kendaraan, sehingga kegagalan sistem mengemudi tak akan terjadi. 

Serius dengan kendaraan masa depan, perusahaan bahkan mempekerjakan lulusan terbaik untuk menguji dan mengembangkan fungsi keselamatan mobil.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini telah membawa sejumlah petinggi perusahaan otomotif lain, seperti direktur perangkat lunak swakemudi Tesla, manajer Daimler Trucks dan insinyur sistem baterai dari Karma Automotive.

Meskipun belum ada spesifikasi lengkap terkait kapasitas baterai mobil listrik, jangkauan mengemudi, dan cara operasional kendaraan, Apple optimis, kendaraan dengan fitur canggih self-driving mampu dipasarkan secara global serta mendapatkan respon positif dari pecinta otomotif.

Mobil self-driving Apple kabarnya siap dibuat di Amerika Serikat  dan akan mengalahkan penjualan Tesla. Hal ini tak terlepas dari fitur canggih yang disematkan pabrikan.

Walau Tesla masih menjadi pemain utama kendaraan listrik saat ini, pembuat Model X tersebut membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat menjual mobil yang sepenuhnya otonom.

Namun, pengenalan kendaraan yang sebenarnya akan bergantung pada kemampuan Apple dalam mengembangkan sistem self-driving. Mari kita tunggu perkembangannya lebih jauh.

Artikel Terkait