Mobil Listrik Kia Concept EV9 Akan Diproduksi, Dipasarkan 2023

Menjadi kendaraan listrik canggih, Kia Concept EV9 siap memeriahkan pasar otomotif Eropa tahun depan

Mobil Listrik Kia Concept EV9 Akan Diproduksi, Dipasarkan 2023
Photo: Paultan

TRENOTO – Siap memeriahkan pasar Eropa tahun depan, Kia Concept EV9 siap masuk jalur produksi. Menjadi kendaraaan listrik terbaru, mobil tersebut akan bergabung dengan Kia EV6.

Seperti dilansir Paultan, Kamis (31/3/2022), kendaraan berada di segmen SUV karena memiliki panjang 4.930 mm, lebar 2.055 mm, tinggi 1.790 mm dan jarak sumbu roda 3.100 mm. Secara dimensi, Concept EV9 jauh lebih besar dibandingkan Kia EV6. 

Dari sisi desain, mobil konsep pabrikan Korea Selatan ini memiliki rel atap yang dapat ditarik dan sistem pemantauan kamera sebagai pengganti cermin konvensional. Hal tersebut diklaim mampu meningkatkan sistem aerodinamis kendaraan. 

Sementara itu, saluran ventilasi pada kendaraan berfungsi sebagai panel surya untuk menambah energi saat pengendara melakukan perjalanan. Kesan tangguh juga telihat pada bagian belakang, berkat adanya pilar D segitiga.

Menambah kenyamanan, pintu kendaraan bisa terbuka lebar agar penumpang lebih mudah masuk ke dalam kabin. 

Masuk ke dalam mobil, terdapat layar hiburan berukuran 27 inci. Dengan ini, pengendara bisa melakukan pengaturan media dan mengetahui laporan cuaca. 

Photo : Paultan

Sebagai mobil ramah lingkungan, Kia juga menggunakan komponen daur ulang untuk mengurangi penggunaan kulit hewan di semua kendaraannya.

"Dalam Concept EV9, kami menunjukkan bagaimana SUV masa kini dapat berevolusi untuk memainkan peran mendasar di era mobilitas berkelanjutan. Inti dari Concept EV9 adalah desain eksterior mutakhir, ruang interior berbasis teknologi kontemporer inovatif, dan powertrain all-electric yang canggih," kata Karim Habib, Senior VP and Head of Kia Global Design Center.

Kia Concept EV9 memiliki tiga konfigurasi kursi yakni active mode, pause mode dan enjoy mode. Untuk active mode, kursi dapat diatur lebih nyaman ketika berkendara. 

Photo : Paultan

Sementara itu, pause mode berfungsi untuk melipat kursi baris kedua agar bisa menjadi meja. Mode ini hanya bisa digunakan saat mobil dalam keadaan berhenti, di mana baris depan berputar ke belakang untuk menghadap kursi ketiga. 

Mode terakhir ialah enjoy mode. Dengan pengaturan ini, ketiga baris kursi dapat menghadap ke sisi belakang.

Untuk jantung pacu, jangkauan maksimal kendaraan bisa mencapai 480 kilometer. Terkait pengisi daya, pemilik bisa memilih pengisian 350 kW.  Dengan sistem ini, baterai di kondisi 10 persen bisa meningkat hingga 80 persen hanya dalam waktu 20 menit.

"Dan inilah prinsip-prinsip inti yang akan membentuk kreasi SUV masa depan kami,” tutur Karim Habib.

Artikel Terkait