Mobil Listrik Toyota bZ4X Diperkenalkan di GIIAS 2022

Toyota bZ4X diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia melalui ajang pameran otomotif GIIAS 2022

Mobil Listrik Toyota bZ4X Diperkenalkan di GIIAS 2022
Photo: TrenOto

TRENOTO – Toyota bZ4X diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil listrik ini untuk pertama kalinya muncul di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Masuknya mobil listrik Toyota bZ4X ke Indonesia melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi yang ditawarkan untuk masyarakat. Adapun hal ini menjadi salah satu strategi brand asal Jepang tersebut dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan.

Mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) hingga Battery Electric Vehicle (BEV) sudah dimiliki Toyota di Indonesia. Tersedianya beberapa pilihan kendaraan ramah lingkungan menjadi komitmen untuk netralisasi karbon.

Photo : Istimewa

“Mempertunjukkan Toyota bZ4X sebagai komitmen kami untuk lebih banyak memberikan pilihan kendaraan ramah lingkungan. Toyota sepenuhnya mendukung langkah Pemerintah dalam hadirkan kendaraan elektrifikasi,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Menurutnya kehadiran bZ4X merupakan langkah awal Toyota dalam menghadirkan kendaraan listrik berbasis baterai ke Indonesia. Lebih lanjut dikatakan ke depannya TAM akan menawarkan lebih banyak lagi pilihan BEV.

Toyota bZ4X hadir di Indonesia sebagai mobil pajangan semata atau baru diperkenalkan. Mobil listrik Toyota tersebut baru belum diketahui kapan akan mulai dipasarkan khususnya di Indonesia.

“Saya kira semua ada prosesnya dan di GIIAS 2022 kita memperkenalkan ke warga Indonesia jadi ini merupakan salah satu model BEV. Di kemudian hari akan kita hadirkan,” ucap Henry.

Photo : Insideevs

Spesifikasi Toyota bZ4X

Mobil listrik jenis Crossover ini hadir dengan tampilan yang futuristik melalui sudut-sudut tajam berkarakter tegas. Toyota bZ4X memiliki makna terpisah yakni bZ adalah Beyond Zero, sementara 4X digambarkan sebagai SUV Crossover kompak.

Kendaraan ramah lingkungan tersebut menggendong baterai berkapasitas 71.4 kWh. Adapun melalui metode WLTP kendaraan bisa menempuh jarak 500 kilometer dalam kondisi baterai penuh.

Toyota bZ4X ditawarkan dalam dua pilihan penggerak yakni dua roda maupun empat roda. Setiap rodanya terdapat dua motor listrik yang dipercaya untuk menyalurkan daya.

Untuk pengisian ulang baterai dengan menggunakan sistem AC charging (on-board) sebesar 6.6 kW. Sedangkan DC fast charging bisa mencapai 150 kW (80 persen selama 30 menit).

Artikel Terkait