Mobil Listrik Toyota bZ4X Siap Kawal KTT G20

Menjadi kendaraan ramah lingkungan, Toyota bZ4X siap menjadi mobil resmi delegasi KTT G20 di Bali tahun ini

Mobil Listrik Toyota bZ4X Siap Kawal KTT G20
Photo: Insideevs

TRENOTO – Siap menjadi kendaraan resmi delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Toyota bZ4X merupakan kendaraan listrik terbaru dengan beragam fitur canggih. 

Berada di segmen sport utility vehicle (SUV), pabrikan mobil asal Jepang tersebut akan menyediakan 143 unit kendaraan pada Oktober hingga November 2022.

Sejalan dengan dorongan pemerintah menuju zero emission, secara total terdapat 656 unit mobil listrik, termasuk 123 unit Genesis G80 dan 226 unit Hyundai Ioniq. 

Sebelumnya, pada Jumat (25/3), Presiden Joko Widodo meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Nusa Dua, Badung, Bali. SPKLU tersebut dihadirkan sebagai fasilitas penunjang KTT G20.

"Presidensi G20 adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk menunjukkan berbagai komitmen terhadap pengurangan emisi CO2 melalui penggunaan mobil listrik selama KTT G20," kata Presiden dilansir Antara, Senin (28/3/2022).

Spesifikasi Toyota bZ4X

Hadir di pameran otomotif Shanghai, China tahun lalu. Toyota secara resmi meluncurkan versi konsep Toyota bZ4X. 

Menjadi model pertama dari seri bZ yang dikembangkannya bersama Subaru. Mobil ini memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm.

Photo : Istimewa

Dalam pembentukan jajaran lengkap kendaraan listrik, Toyota menegaskan bila pihaknya akan memperkenalkan 15 BEV, termasuk tujuh model baru Toyota bZ BEV pada tahun 2025.

Merupakan singkatan dari Beyond Zero, nama bZ diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen terkait kendaraan ramah lingkungan secara global. 

Model seri Toyota bZ akan dibangun di atas platform khusus BEV terbaru. Sebagai kendaraan masa depan, terdapat beragam fitur canggih yang mampu mendorong penggunaan energi terbarukan.

Toyota bZ4X kabarnya akan tersedia dalam dua opsi penggerak, yakni penggerak roda depan dan penggerak semua roda dengan dua motor listrik.

Pada versi penggerak roda depan, tenaga yang dihasilkan mencapai 150 kW sementara penggerak semua roda 160 kW. Keduanya memiliki baterai lithium-ion 355 volt.

Adapun jarak tempuh yang ditawarkan Toyota bZ4X mencapai 500 kilometer untuk sekali pengisian daya. Reuters melaporkan, Toyota bZ4X akan dijual di pasar Jepang, Amerika Utara, China dan Eropa mulai tahun 2022.

Terkait ini, Toyota menegaskan bila pihaknya akan menginvestasikan dana 13,5 miliar dolar AS hingga tahun 2030 untuk pengembangan baterai EV dan memperkenalkan tujuh model seri bZ pada 2025 mendatang. 

Artikel Terkait