Mobil Listrik Toyota Siap Dijual 2022, Big Bos Melunak

Mobil listrik Toyota siap dijual 2022, big boss melunak dan akan balikan keadaan setelah dicap lamban dalam pengembangan EV

Mobil Listrik Toyota Siap Dijual 2022, Big Bos Melunak
Photo: Istimewa

TRENOTO –  Akio Toyoda sang Big Bos Toyota hari ini (14 Desember 2021) menyatakan sedang meningkatkan jajaran mobil listriknya. Dan tidak tanggung-tanggung sebanyak 30 model mobil listrik Toyota baru dengan target 2030.

Toyota menjanjikan line up model listrik yang disebut beyond Zero (bZ) dan penjualan mobil listrik secara global sendiri akan dimulai tahun depan. Toyota bZ4X akan membuka penjualan secara global di tahun 2022 dan diteruskan pada 2025 15 model bZ akan diluncurkan hingga pada 2030 penuh 30 model.

“Kita dapat meninggalkan planet yang indah dan membawa banyak senyuman untuk generasi masa depan,” kata Toyoda langsung di depan showroom masa depan Toyota dengan begitu banyak line up mobil listriknya.

Satu hal menarik, langkah Toyota saat ini tentu bisa dibilang menjadi titik balik, membalikan reputasi perusahaan yang disebut lamban dalam bergesernya industri otomotif ke mobil listrik. Karena sampai September 2021, Toyoda masih cukup keras dalam menentang terlalu cepatnya perkembagan mobil listrik yang disebut akan merugikan Jepang karena mengakibatkan 5.5 juta pengangguran.

Photo : Istimewa

Toyoda sendiri yang merupakan cucu dari pendiri Toyota dan juga seorang pembalap mengakui bahwa dia tidak begitu tertarik pada EV (Electric Vehicle) di masa lalu. Ia melihat pergeseran industri ini sebagai sebuah komoditas belaka. Namun Toyoda mengatakan bahwa ia senang dengan kendaraan yang dikembangkan oleh Toyota.

“Kendaraan Toyota lebih aman, cepat dan lebih menyenangkan untuk dikendarai. Saya bisa mengatakan itu sebagai pengemudi,” ungkapnya bangga.

Investasi Toyota untuk Mobil Listrik

Investasi Toyota untuk mobil listrik juga disebutkan dalam kesempatan ini. Pada 2030 Toyota Motor Corp sedikitnya berencana untuk menjual 3,5 juta EV. Toyoda menyebut bahwa angka ini naik dari target sebelumnya 2 juta kendaraan listrik per tahun di seluruh dunia. Untuk diketahui, Toyota saat ini memiliki rata-rata penjualan global 10 juta unit per tahun.

Dalam mencapai targetnya, Toyota meningkatkan investasinya untuk R&D menjadi sekitar Rp25 triliun dari sebelumnya Rp 18 triliun. Dan awal Desember 2021, Toyota sudah mengumumkan rencana untuk membangun pabrik baterai mobil listrik senilai Rp18.6 triliun di Greensboro, North Carolina, Amerika Serikat yang akan mempekerjakan 1.750 orang serta mulai produksi pada 2025.

Artikel Terkait