Mobil Listrik VinFast Mulai Dijual ke Amerika Desember 2022

Mobil listrik VinFast telah melakukan pengiriman sebanyak 999 SUV listrik ke Amerika pada Desember 2022

Mobil Listrik VinFast Mulai Dijual ke Amerika Desember 2022
Photo: Vinfast

TRENOTO –  Produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast mulai melirik Amerika Serikat sebagai pasar penjualan produk mereka. Hal itu terbukti dengan pengiriman mobil listrik VF 8 ke Negeri Paman Sam tersebut.

Mobil listrik VinFast telah melakukan pengiriman sebanyak 999 kendaraan jenis SUV ke Amerika pada Desember 2022. Angka tersebut sejatinya bukan yang mereka inginkan

Pabrikan mobil listrik ini rencannya akan memboyong 5000 mobil berinisial VF 8 itu. Namun, hal itu urung terjadi karena adanya penundaan produksi.

Photo : Istimewa

Sehingga VinFast hanya mengirim 999 mobil listrik ke Amerika. Angka tersebut juga diyakini sebagai nomor keberuntungan.

"Tidak ada angka yang lebih beruntung dari 999," ujar Le Thi Thu Thuy, CEO VinFast seperti disitat dari Thedrive.com.

Nantinya, ratusan mobil eletrik tersebut akan tiba di Amerika Serikat sekitar dua minggu. VF 8 tersebut juga akan diserahkan kepada pelanggan pertama pada akhir Desember 2022.

Baca Juga: Mobil Listrik Vietnam Serang Pasar Amerika Serikat

Thuy menuturkan kalau pihaknya juga telah merencanakan pengiriman kedua menuju Amerika pada Januari 2023 mendatang. Akan tetapi, dia tidak mau membeberkan jumlah mobil yang akan dikirimkannya tersebut.

Di sisi lain, dengan pengiriman 999 mobil listrik VF 8 ini bisa menarik hati pasar Amerika. Sebab, mereka akan melakukan berbagai langkah lagi ke depannya.

Satu diantaranya dengan membangun pabrik mobil listrik pertama mereka di Carolina Utara. Hal itu untuk membuat kendaraan roda empat memenuhi syarat pajak federal yang ditetapkan oleh Presiden Amerika Serikat.

Sebagai Informasi, VinFast VF 8 adalah mobil listrik berjenis Sport Utility Vehicle (SUV). Di mana kendaraan ini memiliki sistem penggerak four wheel drive atau 4WD.

VinFast akan menjual dua pilihan mobil listrik VF 8 ini di negeri Paman Sam. Pertama pilihan varian entry level dengan 348 tenaga kuda dan torsi 498 newton meter atau upgrade 402 tenaga kuda dan 619 newton meter

Selain itu juga ada dua pilihan opsi baterai dengan kapasitas 82 kWH dan 87,7 kWh. Untuk pilihan terendah, baterai mobil ini bisa untuk melaju hingga jarak 469 kilometer

Photo : Istimewa

Sedangkan pada baterai yang lebih besar bisa menempuh jarak hingga 445 kilometer, Namun, VinFast belum mau membocorkan berapa harga dari mobil ini.

Sementara itu, VinFast sebelumnya sudah menerima pesanan sebanyak 2.500 unit dari perusahaan Autonomy. Di mana perusahaan tersebut merupakan rental mobil terbesar di Amerika Serikat.

Artikel Terkait