Mobil Nasional Turki Bakal Debut di AS

Mobil nasional Turki yang merupakan kendaraan ramah lingkungan akan tampil perdana di ajang CES 2022

Mobil Nasional Turki Bakal Debut di AS
Photo: carscoops

TRENOTO –TOGG yang dikenal sebagai Turkey’s Automotive Joint Venture Group akan menampilkan produk perdananya di ajang CES (Consumer Electronics Show) 2022.

CES 2022 sendiri dikatakan akan digelar pada 5 – 8 Januari mendatang dan TOGG akan menghadirkan Use-Case Mobility. Adapun artinya konsorsium dari lima perusahaan lokal asal Turki tersebuyt akan menampilkan produk-produk mobil listrik unggulannya.

Dalam kesempatan ini, TOGG akan menghadirkan SUV dan dua sedan bertenaga listrik. Kendaraan yang versi prototipenya sudah diperkenalkan dua tahun lalu, akan dihadirkan versi produksinya pada ajang CES 2022.

Pada keterangan tertulisnya, TOGG akan memboyong teknologi elektrifikasi yang canggih.

“Teknologi mobilitas listrik, otonom dan terhubung bersama yang canggih dalam satu bidang desain,” tulis keterangan resminya.

Dua jenis kendaraan listrik yang akan diboyong TOGG memang masih belum dikondfirmasi lebih lanjut. Namun desas-desus hadirnya produk tersebut sudah menjadi mimpi dari sang Presiden Turki yakni Recep Tayyip Erdogan.

Photo : carscoops

Model sedan dan SUV mereka akan ditawarkan dalam dua pilihan satu dan dua motor penggerak. Varian termurahnya akan menggunakan penggerak roda belakang dan menghasilkan daya 200 hp.

Sementara model flagshipnya atau termahal akan mengandalkan dua motor penggerak, bahkan output kendaraan dipercaya bisa mencapai 400 hp.

Pada versi dua motor penggerak, akselerasi 0 – 100 kilometer hanya membutuhkan waktu 4.8 detik saja. Sedangkan versi single motor hanya 7.6 detik untuk metode yang sama.

Pada model paling dasar, kendaraan listrik buatan TOGG ini diklaim bisa menempuh jarak 300 kilometer untuk 1 kali pengisian penuh. Kemudian pada model tertinggi memiliki daya jelajah hingga 500 kilometer.

TOGG akan memproduksi mobil listrik buatannya di pabrik mereka di Gemlik distrik, provinsi Bursa. Seluruh produksi akan selesai dan akan mulai dipasarkan pada awal 2022.

"Kita berkumpul di sini untuk menyaksikan mimpi 60 tahun kita menjadi kenyataan. Saat ini kita melihat mobil ini di jalanan seluruh dunia, kita sudah mencapai tujuan kita," ujar Erdogan pada saat perkenalan produk dua tahun lalu.

Mobil nasional Turki disebut-sebut merupakan hasil kolaborasi dari beberapa merek seperti Willys, Jeep, Ford, Chevrolet dan Fiat.

Artikel Terkait