Mobil Ratu Elizabeth II Paling Ikonik, Tahan Senjata Kimia

Memiliki pertahanan dan kenyamanan maksimal, lihat lebih dekat mobil Ratu Elizabeth II paling ikonik

Mobil Ratu Elizabeth II Paling Ikonik, Tahan Senjata Kimia
Photo: Slashgear

TRENOTO – Istana Buckingham secara resmi mengumumkan meninggalnya Sang Ratu di usia 96 tahun. Sebelum kematiannya mendiang tak pernah jauh dari dua hal, salah satunya mobil ikonik Ratu Elizabeth II yakni Bentley.

Memiliki beragam keunggulan ayo lihat lebih dekat mobil yang memiliki pertahanan maksimal. Seperti dilansir Slashgear Jumat (9/9/2022), ratu yang bepergian sering menggunakan Range Rover lapis baja atau Bentley burgundy yang megah. Hal ini tak terlepas dari posisinya sebagai seorang pemimpin.

Dibuat secara khusus, Bentley milik sang ratu mirip dengan limusin Cadillac kepresidenan Amerika Serikat yang dijuluki The Beast. Tugasnya adalah mengantar Elizabeth II ke mana pun dia perlu pergi dengan aman, cepat dan nyaman. 

Photo : Slashgear

Karenanya tidak mengherankan jika Bentley State Limousine menjadi kendaraan baru termahal kedua di dunia ketika sepasang mobil diberikan kepada ratu pada 2002.
 
Terkait harga model khusus ini diperkirakan bernilai USD 11 juta menurut The Telegraph. Dari sisi tampilan limusin tersebut sangat mirip dengan Bentley klasik, namun sangat berbeda ketika masuk ke dalam kabin.

Secara khusus dibangun untuk melindungi penumpang kerajaan, limusin dibuat kebal dari segala macam serangan yang tidak biasa dan dramatis.

Meski secara visual mobil ini terlihat klasik, limusin tersebut mampu menahan segala macam ancaman dari luar. Bentley memastikan bila kendaraannya tersebut lebih dari mampu menjaga ratu dari bahaya, termasuk yang melibatkan serangan kimia, ledakan, atau paku untuk menusuk ban. 

Meski tak ada informasi terkait spesifikasi lengkap kendaraan, Bentley memastikan kendaraan khusus ini telah dilengkapi dengan ban Kevlar, kabin yang tahan terhadap ledakan dan kemungkinan besar memiliki lapisan pelindung di sisi pintu. 

Menambah kenyamanan sang ratu ketika melakukan perjalanan, interior kendaraan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dengan cepat dibuat kedap udara sehingga aman dari ancaman senjata kimia. 

Photo : Slashgear

Pengemudi juga bisa memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi untuk menghindari ancaman meskipun limusin dimodifikasi dengan bobot yang cukup berat.

Ketika kendaraan tersebut pertama kali dipesan, sang ratu memiliki selera unik tentang bagaimana interiornya dirancang. Melalui situs webnya, Bentley menyebut pihaknya membutuhkan banyak waktu untuk membuat mobil sesuai dengan keinginan sang ratu. 

Salah satu fitur yang spesial dari mobil ialah kabin dengan visibilitas yang cukup sehingga ratu bisa melambai di keramaian. Selain itu, kompartemen penyimpanan dibuat untuk mengakomodasi tas favorit ratu.

Artikel Terkait