Mobil Terlaris Daihatsu Tak Lagi Dipegang Xenia

Mengalami perubahan, mobil terlaris Daihatsu saat ini tak lagi dipegang mobil Low MPV andalannya Xenia

Mobil Terlaris Daihatsu Tak Lagi Dipegang Xenia
Photo: Daihatsu

TRENOTO – Kondisi pasar otomotif nasional hingga Maret 2022 terus mengalami perbaikan, hal tersebut terlihat dari  peningkatan penjualan kendaraan roda empat sepanjang kuartal I 2022. Menjadi merek yang ikut berkontribusi berikut mobil terlaris Daihatsu sepanjang bulan ketiga tahun ini. 

Untuk penjualan ritel sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut berada di posisi kedua dengan raihan penjualan 46 ribu unit dan market share 19,7 persen.

Angka itu mengalami kenaikan 2,7 persen dibandingkan periode yang sama kuartal I tahun lalu, yakni 30 ribu unit penjualan dan market share sebesar 17 persen.

“Daihatsu bersyukur, dapat menutup penjualan Kuartal I 2022 dengan raihan positif. Capaian ini juga semakin mendekati ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Photo : Daihatsu

Bila membandingkan secara bulan, penjualan Daihatsu pada Maret 2022 mengalami kenaikan 24 persen dibandingkan Februari 2022. Adapun ketiga model yang berhasil menjadi kontributor utama ialah Terios dengan kenaikan sebesar 118 persen atau lebih dari 2 kali lipat menjadi 2.339 unit.

Posisi selanjutnya terdapat Xenia karena berhasil mengalami kenaikan 75 persen menjadi 2.313 unit dibandingkan bulan sebelumnya. Ketiga terdapat mobil di segmen Low sport utility vehicle (SUV), Rocky dengan angka penjualan 1.245 unit atau naik 16 persen. 

Dalam penjelasannya, Daihatsu menegaskan bila raihan yang berhasil dicapai tahun ini tak terlepas dari diskon PPnBM di kuartal I untuk sejumlah kendaraan di bawah Rp250 juta. 

Photo : adm

“Semoga raihan baik ini dapat terus berlangsung, dan penjualan otomotif nasional bisa terus meningkat dibandingkan tahun sebelumnya” ujar Hendrayadi Lastiyoso.

Mendapat dukungan kebijakan Relaksasi PPnBM DTP,  penjualan ritel di Kuartal I 2022 untuk pasar otomotif nasional berhasil mencapai 238 ribu unit. Angka tersebut megalami kenaikan 33,6 persen dibandingkan periode yang sama  tahun sebelumnya, yakni 178 ribu unit. 

“Pencapaian yang mampu diraih ini juga menandakan bahwa penjualan otomotif semakin mendekati ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19,” tutup Hendrayadi.

Artikel Terkait