New Mitsubishi Xpander Cross Punya Sistem Pengereman Berjenjang

Makin canggih, New Mitsubishi Xpander Cross kini punya sistem pengereman berjenjang dengan tambahan fitur Active Yaw Control (AYC)

New Mitsubishi Xpander Cross Punya Sistem Pengereman Berjenjang
Photo: trenoto

TRENOTO – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melakukan beragam pembaharuan pada new Mitsubishi Xpander Cross. Salah satunya adalah melengkapinya dengan fitur terbaru penunjuang sistem pengereman yakni AYC.

Brand ambasador Mitsubishi Indonesia yang juga pereli nasional Rifat Sungkar menjelaskan secara detail soal sistem kerja AYC. Ia menyebut bahwa fitur ini merupakan lanjutan atau melengkapi dari sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC).

"New Xpander Cross punya sistem rem berjenjang. AYC akan dijalankan dengan ASC sebelum Yaw Control. ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihatan agak slip, putaran mesin dikurangi tapi ketika mobil sudah di jalurnya, mobil pasti akan lebih kencang, untuk itulah AYC bekerja," kata Rifat dalam jumpa pers di booth Mitsubishi di GIIAS 2022 (Senin, 15 Agustus 2022).

Rifat menyebut bahwa AYC pertama kali digunakan pada Mitsubishi Lancer Evo. Beroperasi bersama dengan fitur ABS dan ASC. Ia menyebut terdapat empat variabel yang menentukan kinerja AYC antara lain wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin serta rem.

"Empat hal itu bekerja bareng. Ini advanced sekali, ketika ASC mobil bekerja, pasti kecepatan mobil akan lebih pelan karena sistem memerlukan waktu untuk berpikir sesuai grip mobil saat itu," jelas Rifat.

Photo : trenoto

Dalam prakteknya jika new Xpander Cross melahap jalan menikung dengan permukaan licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan. Dan ini akan meminimalkan understeer serta memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat sesuai keinginan pengemudi.

"Untuk mobil yang menggunakan AYC, maka kecepatan akan disesuaikan dengan putaran mesin, sehingga dapat mempertahankan momentum sesuai kondisi jalan," jelas Rifat.

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI menambahkan bahwa hal yang paling diunggulkan dari fitur AYC adalah keamanan pengguna mobil saat mengemudikan New Xpander Cross.

"Keamanan adalah poin yang diharapkan dari fitur ini, yakni keamanan untuk setiap kondisi jalan," kata Mii.

Photo : trenoto

Lebih lanjut, ubahan-ubahan lain pada New Xpander Cross terdapat pada bagian T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, 17- inch Alloy Wheel Design, LED Foglamp, Distinctive Trapezoid Grille dan Wheel Arc Moulding. Tak hanya itu, terdapat pula fitur wireless charger, 8inch LCD Meter Cluster, New Steering Wheel Design serta Micron Air Filtration. 

MMKSI kembali menawarkan 2 varian New Xpander Cross. Pertama adalah tipe CVT Premium Package dijual Rp335.750 juta dan varian MT Rp309.950 juta.

Artikel Terkait