Ngeri! Ban Truk Pecah dan Terlepas di Jalan Tol

Sebuah ban truk pecah dan terlepas di salah satu jalan tol sehingga menyebabkan kendaraan lain mengalami kecelakaan

Ngeri! Ban Truk Pecah dan Terlepas di Jalan Tol
Photo: Istimewa

TRENOTO – Kecelakaan yang disebabkan ban truk pecah dan terlepas dari kaitannya kembali terjadi di jalan tol. Kejadian ini berhasil terekam dan kini sudah dipublikasikan oleh akun instagram @romansasopirtruck beberapa waktu lalu.

Pecah ban merupakan salah satu kecelakaan yang cukup sering terjadi pada truk-truk di Indonesia. Banyak penyebab ban truk menjadi mudah pecah, mulai kurang angin hingga beban kendaraan melampaui batas aman.

Kondisi tersebut tentunya sangat berbahaya bagi truk dan kendaraan lain di sekitarnya. Terlebih, dalam video yang diunggah, ban tidak hanya pecah melainkan ikut terlepas dari kaitan roda.

Akibat kejadian tersebut, kendaraan yang berada tepat di belakang truk pun ikut mengalami kecelakaan. Beruntung, dari video terlihat bahwa pengemudi masih bisa mengendalikan kendaraan dan berhenti setelah truk meminggirkan kendaraannya.

Dari kejadian tersebut tentu terlihat bahwa betapa pentingnya menjaga jarak aman dari kendaraan di depannya. Dengan menjaga jarak maka memberi kemudahan dalam bereaksi terhadap kejadian yang tidak diinginkan.

Photo : Dunlop

Tak hanya itu, kondisi kendaraan termasuk ban pun harus menjadi perhatian lebih dari pemilik dan pengguna kendaraan. Tujuannya semata-mata adalah untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas.

Merawat ban pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Dilansir dari Dunlop, hanya ada 5 hal untuk memastikan ban kendaraan terjaga perfomanya. Berikut adalah ulasannya

Artikel Terkait