Nilai Transaksi GIIAS 2021 Diklaim Mencapai Rp7 Triliun

Setelah sempat dirahasiakan, nilai transaksi GIIAS 2021 mulai terungkap. Nilainya mencapai Rp7 triliun dan 18.000 unit terjual

Nilai Transaksi GIIAS 2021 Diklaim Mencapai Rp7 Triliun
Photo: Trenoto

TRENOTO – Pertanyaan jumlah penjualan kendaraan dan nilai transaksi GIIAS 2021 akhirnya terjawab. Rizwan Alamsjah, ketua penyelenggara GIIAS 2021 telah menyampaikan capaian pameran otomotif terbesar di Indonesia.

Setelah batal terselenggara di 2020 dan mengalami penundaan beberapa kali, GIIAS 2021 berhasil digelar pada bulan November lalu. Penyelenggaraan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat meski ketika itu sudah dilakukan PPKM level 1.

Walau digelar di tengah pandemi, minat masyarakat untuk untuk berkunjung dan membeli kendaraan tidak surut. Hal tersebut tentunya sangat baik mengingat industri otomotif sempat terpukul di 2020.

Photo : Trenoto

Sayangnya saat penutupan GIIAS 2021, tidak ada yang menyebutkan total transaksi selama 11 hari penyelenggaraan. Ditutupnya informasi tersebut sebenarnya menimbulkan pertanyaan karena seharusnya tidak bersifat rahasia.

Setelah bungkam beberapa pekan, pertanyaan tersebut pun akhirnya dijawab Rizwan pada ajang GIIAS Surabaya 2021. Ia mengatakan bahwa selama 11 hari penyelenggaraan sedikitnya ada 18.000 unit kendaraan terjual dan total nilai transaksi Rp7 triliun.

Pria yang duduk sebagai ketua III Gaikindo ini juga menyampaikan penyebab besarnya angka penjualan tersebut. Keputusan pemerintah untuk memberikan relaksasi pajak dinilai berhasil menarik minat masyarakat membeli kendaraan.

Tak hanya itu, kehadiran beberapa Low MPV di GIIAS 2021 juga memiliki andil cukup besar. Pasalnya, dalam penyelenggaraan tersebut Toyota, Daihatsu, Mitsubishi dan Suzuki masing-masing menghadirkan Low MPV terbaru mereka.

Berlajut di GIIAS Surabaya

Photo : Trenoto

Hasil positif juga diharapkan bisa dirasakan pada GIIAS Surabaya 2021 yang diselenggarakan 8 -12 Desember 2021 di Grand City Convex. Terlebih, penjualan kendaraan di akhir tahun biasanya meningkat dibandingkan bulan-bulan lain.

“Kami meyakini penyelenggaraan GIIAS di Surabaya akan menjadi salah satu faktor penting dalam mendorong pencapaian industri otomotif nasional pada akhir tahun. Selain itu, pameran juga menjadi dorongan untuk membangkitkan industri otomotif di Jawa Timur,” terang Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

GIIAS Surabaya 2021 pun diikuti oleh sejumlah brand otomotif seperti Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Selain itu, Honda Motor, Benelli serta Llumar dan CPF1 pun dipastikan ikut serta dalam pameran.

Artikel Terkait