One Way dan Ganjil Genap di Jalan Tol Efektif Kurangi Kepadatan

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan kepolisian seperti one way dan ganjil genap di jalan tol terbukti efektif kurangi kepadatan

One Way dan Ganjil Genap di Jalan Tol Efektif Kurangi Kepadatan
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Penerapan sistem one way dan ganjil genap di jalan tol terbukti efektif mengurangi kepadatan. Hal tersebut terlihat dari terkendalinya arus lalu lintas mengarah ke timur meski jumlah kendaraan terus meningkat.

Sesuai dengan yang diprediksi sebelumnya, kepadatan lalu lintas khususnya di jalan tol Trans Jawa mulai terlihat pada 28 April 2022. Jumlah pemudik yang menggunakan mobil meningkat pesat dibanding hari-hari sebelumnya.

Kepadatan tersebut langsung diantisipasi oleh Kepolisian dengan melaksanakan kebijakan one way dan ganjil genap di sore hari. Kebijakan dilakukan dari Tol Cikampek KM 47 hingga Tol Kalikangkung KM 414 karena konsentrasi kepadatan dinilai telah terpecah sehingga arus lalu lintas bisa dilakukan secara normal.

Photo : NTMC Polri

Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolri pun menilai bahwa bahwa rekayasa tersebut berhasil membuat arus lalu lintas tetap lancar. Padahal berdasarkan data dari Jasa Marga jumlah kendaraan yang melintas mengalami peningkatan cukup signifikan sejak dimulainya arus mudik.

Meskipun begitu Kapolri menekankan kepolisian bersama pihak terkait lainnya tidak akan cepat berpuas diri. Pasalnya, terkait kebijakan ini, stakeholder terkait akan terus melakukan evaluasi demi mempertahankan tren positif dan memperbaiki kekurangan terkait pengendalian arus mudik Lebaran 2022.

“Jadi ini akan kita evaluasi terus. Harapannya dengan rekayasa one way ini kita harapkan betul-betul bisa mengurai dan membuat masyarakat yang mudik serta balik betul-betul bisa nyaman karena kemacetannya bisa kita kurangi,” jelasnya.

Photo : NTMC Polri

Puncak arus mudik Lebaran 2022 sudah terjadi beberapa waktu lalu dan rekayasa lalu lintas terbukti berhasil mengurangi kepadatan. Kini fokus Kepolisian akan ada pada arus balik yang diperkirakan akan mencapai puncak jelang akhir cuti bersama.

Kebijakan lalu lintas seperti ganjil genap dan one way masih akan menjadi andalan untuk mengurai kepadatan yang diperkirakan terjadi. Untuk itu diharapkan masyarakat melakukan penjadwalan ulang terhadap waktu perjalanan.

Disarankan juga untuk mengisi BBM hingga penuh sebelum memasuki jalan tol. Hal ini untuk menghindari terjadinya antrian panjang di SPBU tol sehingga tidak perlu khawatir kehabisan BBM di tengah jalan.

Artikel Terkait