Panoramic Roof All New HR-V Bertutup Jadul, Ini Kata Honda

Panoramic Roof All New HR-V Bertutup Jadul rupanya memiliki alasan tersendiri bagi Honda sebagai produsennya

Panoramic Roof All New HR-V Bertutup Jadul, Ini Kata Honda
Photo: Trenoto

TRENOTO – Panoramic roof all new HR-V menggunakan tutup manual yang cukup merepotkan, berikut jawaban dari PT Honda Porspect Motor (HPM)

All-new Honda HR-V menjadi mobil fenomenal yang hadir pada 2022 di Indonesia. Secara umum memiliki tampilan sangat menggoda lewat garis desain modern juga dibekali beragam fitur terkini dan utamanya hadir lewat Honda Sensing.

Tak ketinggalan, panoramic roof all new HR-V menjadi salah satu bagian dari daya tariknya. Kaca di atap mobil ini sendiri merupakan panoramic roof model fixed yang artinya tidak bisa dibuka tutup secara mekanikal.

Photo : Trenoto

Yang menarik untuk disimak, HPM melengkapinya dengan cover bersistem manual. Pada bagian depan bisa ditutup dengan menggeser kain pelapis sementara belakang manual kockdown dan disebut cukup merepotkan pemiliknya.

Yoshitomo Ihashi, Large Project Leader of All-new Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center menyebutkan bahwa fitur ini sejatinya memiliki konsep rasa lebih terbuka atau lapang pada pemilik. Dan menurutnya untuk generasi saat ini dengan dimensi yang lebar jadi pihaknya memilih memberikan tutup manual.

"Untuk HR-V generasi sebelumnya kenapa bisa pakai elektrik karena ukuran panoramic sunroofnya lebih kecil. Kalau yang sekarang lebih besar ukurannya sehingga lebih luas pemandangannya," ujar Ihashi secara virtual kepada awak media yang sedang melakukan ujicoba all new Honda HR-V di Sirkuit Mandalika, Lombok, Senin 23 Mei 2022.

Ia menambahkan sebenarnya tidak ada masalah jika dibuat elektrik. Namun karena dimensinya cukup besar, sistem elektrik atau relnya akan memakan ruang sehingga dipilih dengan sistem manual. 

Lebih lanjut, panoramic roof all new HR-V juga disebut memiliki keunggulan dalam menahan sinar ultraviolet dan juga meredam panas. Ini untuk memastikan kenyamanan para penumpangnya saat berada di bawah panas terik.

Photo : Trenoto

Pertanyaan dari TrenOto, dengan keunggulan tersebut kenapa HPM tetap menyediakan tutup apalagi secara manual?

"Penutup dibuat sebagai privasi penumpang, misal saat berdampingan dengan truk yang lebih tinggi tidak bisa melihat ke dalam kabin," kata Ihashi.

Terakhir Ihashi menyebutkan bahwa panaromic roof all new HR-V sudah dirancang tahan pada beragam cuaca di dunia. Jadi untuk penggunaannya tidak diperlukan perawatan khusus.

5 Kekurangan dari Panaromic Roof

Selain memiliki keunggulan secara tampilan dan pandangan luar, TrenOto menyimpulkan sedikitnya ada 5 kekurangan dari panoramic roof.

1. Keberadaan panoramic roof memungkinkan menghantarkan panas lebih banyak ke kabin pada siang hari. Ini tentu membuat AC harus bekerja ekstra untuk mendinginkan ruang.

2. Menambah bobot pada atap kendaraan karena selain kaca terdapat juga struktur penguat dan sistem lainnya seperti saluran drainase.

3. Menambah kebisingan pada kabin mulai terutama saat berkendara dalam kondisi hujan.

4. Desain ini dapat mengurangi intregritas struktural dari kendaraan karena sejatinya menciptakan lubang besar di atap kendaraan. Memang pabrikan tentu memberikan struktur penguat namun sepertinya tidak akan pernah sekuat atap konvensional.

5. Kondensasi atau hadirnya embun menjadi bahaya laten saat Anda memiliki tempat tinggal dengan suhu dingin. Bukan tidak mungkin, kumpulan embun yang menempel di kaca akan menetes masuk dalam kabin.

Artikel Terkait