Pencari Mobil Bekas Periode Oktober 2022 Turun

Data OLX Autos mencatat, pencari mobil bekas periode Oktober 2022 turun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pencari Mobil Bekas Periode Oktober 2022 Turun
Photo: OLX

TRENOTO – Jumlah pencari mobil bekas pada periode Oktober 2022 menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu pada bulan yang sama. Data Otobarometer dari OLX Autos menunjukkan, pada Oktober 2021 ada sekitar 1,5 juta pencari mobil bekas.

Sementara pada periode tahun ini, data mencatat total pencari mobil bekas menurun menjadi 1,2 juta. 

Salah satu penyebab turunnya pencarian mobil bekas adalah banyaknya model baru yang meluncur tahun ini, ditambah penawaran dan promo yang ditawarkan kepada calon pembeli. Misalnya tawaran DP rendah atau cicilan ringan yang memudahkan masyarakat.

Photo : 123rf

Meski begitu mobil bekas masih menjadi alternatif bagi masyarakat peminat kendaraan dengan harga lebih rendah, selain itu unit bekas bisa langsung dipakai konsumen tanpa inden. Di pasaran mobil bekas konsumen bisa dengan mudah menemukan kendaraan dengan harga di bawah Rp100 juta.

Mobil menjadi salah satu transportasi yang banyak digunakan masyarakat di Pulau Jawa untuk mobilitas. Menurut data yang dibagikan laman Korlantas Polri jumlah mobil di Jawa Timur menempati posisi pertama, mencapai 6,1 juta unit. Sementara Jawa Barat menempati posisi ke-empat sebanyak 1,9 juta unit.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp100 Jutaan

Agung Iskandar, Director of Classified and New Business OLX Autos Indonesia mengatakan bahwa data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada kuartal kedua tahun 2022 positif year on year sebesar 5,68 persen. Sedangkan di periode yang sama, pertumbuhan ekonomi di provinsi Banten telah mencapai 5,7 persen.

Jenis mobil yang banyak dicari

Dikutip dari data OLX, ada lima jenis mobil yang paling diminati oleh konsumen. Di antaranya adalah Toyota Avanza, Kijang Innova, Honda Jazz, Brio dan CR-V.

Photo : OLX

 

Sementara itu, ada lima merek mobil yang banyak dicari namun unitnya masih terbatas, yaitu Peugeot 306, Ford Fiesta, Timor S515i, Toyota Kijang Super dan Isuzu Panther.

Kebanyakkan konsumen juga mencari mobil minibus, MPV (multi purpose vehicle) dan SUV (sport utility vehicle). Tiga warna mobil yang paling diminati adalah hitam, putih, silver.

Artikel Terkait