Pengemudi Mercedes yang Halangi Ambulans Dipanggil Kepolisian

pengemudi mercedes yang halangi ambulans dipanggil kepolisian guna dimintai keterangan terkait dengan kejadian tersebut

Pengemudi Mercedes yang Halangi Ambulans Dipanggil Kepolisian
Photo: Istimewa

TRENOTO – Beredarnya video pengendara Mercedes-Benz menghalangi hingga menyenggol ambulans yang sedang membawa pasien viral di media sosial. Kedua pengemudi akan dipanggil oleh Polres Kota Tangerang untuk dimintai keterangan.

Kejadian tersebut sebenarnya sudah cukup lama terjadi bahkan pengemudi Mercedes pun disebut-sebut sudah melaporkan kejadian ke pihak kepolisian. Namun perjalanan kasus ternyata tidak sederhana sehingga keduanya diminta untuk menghadap.

“Pemanggilan sifatnya untuk mengetahui kronologi sebetulnya seperti apa dan meluruskan kejadian. Kami panggil dari pihak puskesmas serta pengemudi Mercedes Benz yang kami duga adalah warga Jakarta,” kata Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Kapolres Kota Tangerang.

Photo : Suzuki Indonesia

Ia menyebutkan bila dalam aturan, ambulans menjadi salah satu kendaraan yang harus didahulukan. Terlebih dalam video pengemudi ambulans telah memberikan sirine sebagai tanda darurat dan harus diberikan jalan.

“Ambulans harus diberikan jalan apa lagi dari jauh sudah memberikan tanda. Bagi masyarakat juga harus peka terhadap kondisi ambulans sedang membawa nyawa orang untuk diselamatkan ke rumah sakit,” ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video menjadi viral di media sosial setelah menunjukkan peristiwa senggolan antara  ambulans dengan mobil Mercy putih bernomor polisi B 2873 PBK. Kejadian itu terjadi Tol Tangerang-Jakarta, tepatnya kawasan Bitung, Tangerang.

Sebagai informasi bahwa mobil ambulans berasal dari Puskesmas Cisoka dan sedang membawa pasien yang hendak bersalin ke RSUD Kabupaten Tangerang. Dikabarkan bahwa kondisi pasien saat itu sudah darurat sehingga ambulans dikemudikan dengan kecepatan tinggi.

Kemudian, saat di ruas jalan tol itu terlihat ambulans sudah menyalakan rotator dan sirine dari kejauhan namun pengemudi mobil Mercedes putih tidak memberikan jalan. Saat ambulans ingin menyalip melalui jalur kiri, tiba-tiba mobil tersebut juga berpindah ke sebelah kiri sehingga keduanya bersenggolan.

Meski demikian, pengemudi ambulans pun terus melakukan perjalanan ke rumah sakit. Pengemudi mercedes yang halangi ambulans tidak terima akibat kejadian tersebut pun kemudian membuntuti hingga ke rumah sakit untuk meminta pertanggung jawaban.

Kejadian ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi pengguna jalan lain di masa depan untuk mengetahui kendaraan-kendaraan mana saja yang menjadi prioritas. Dengan lebih disiplin, bukan tidak mungkin jondisi jalan di masa depan ajan menjadi lebih baik.

Artikel Terkait