Pengganti Karimun Wagon R Sudah Ada di Indonesia, Ini Bocorannya

Pengganti Karimun Wagon R disinyalir akan segera meluncur setelah mendarat di Indonesia, Intip bocorannya

Pengganti Karimun Wagon R Sudah Ada di Indonesia, Ini Bocorannya
Photo: Instagram @indra_fathan

TRENOTO – Resmi disuntik mati tahun lalu, pengganti Karimun Wagon R untuk pasar Indonesia terus menarik perhatian. Salah satu informasi yang banyak beredar ialah hadirnya Suzuki S-Presso karena memiliki dimensi kendaraan dan desain serupa.

Sebuah foto yang menunjukan hadirnya mobiil pabrikan Jepang tersebut di Tanah Air semakin memperkuat dugaan hadirnya Suzuki S-Presso. Meski demikian, hingga saat ini belum ada tanggapan resmi dari pabrikan kapan mobil berkapasitas 5 penumpang tersebut akan meluncur.

Sebelumnya, situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham memuat data mobil pabrikan berlambang huruf S tersebut. Tertera nama S-Presso yang telah didaftarkan dengan nomor permohonan DID2021020609 oleh Suzuki Motor Corporation sejak 25 Maret 2021.

Photo : Instagram @indra_fathan

Telah hadir di beberapa negara Asia seperti India dan Filipina, S-Presso memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm serta tinggi 1.565 mm. Dimensi ini serupa dengan Karimun Wagon R karena memiliki panjang 3.635 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.670 mm.

Meski demikian, ground clearance yang dimiliki lebih tinggi dibandingkan Karimun Wagon R, yakni 180 mm.

Dari sisi jantung pacu, mobil berlambang huruf S ini disematkan mesin 1.000 cc berkode K-10B. Dari hasil uji perusahaan, mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga 24 kilometer untuk satu liter bensin. 

Kendaraan Hybrid

Melalui keterangan resmi yang diterima TrenOto, Suzuki menegaskan pihaknya akan fokus pada kendaraan elektrifikasi. Karena itu, pihaknya memilih untuk tak lagi melakukan produksi dan menjual Karimun Wagon R di Indonesia.

Photo : Trenoto

“Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” kata Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia.

Terbukti Suzuki Ertiga Hybrid resmi dijual di Indonesia saat ini. Walau masih menggunakan mesin K15B,  terdapat teknologi Suzuki Smart Hybrid.

Terobosan ini terdiri dari 2 komponen baru sebagai pendamping mesin pembakaran yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery. Kombinasi keduanya diklaim mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien dibanding teknologi konvensional. 

Artikel Terkait