Penjualan All New Xenia 2022 Belum Seindah Harapan di GIIAS 2021

Pada pameran otomotif tahunan GIIAS 2021, Daihatsu tidak bisa memaksimalkan penjualan all new Xenia 2022

Penjualan All New Xenia 2022 Belum Seindah Harapan di GIIAS 2021
Photo: Trenoto
  • Oleh Adi Hidayat

  • Minggu, 28 November 2021 | 07:00 WIB

TRENOTO – Kehadiran all new Xenia 2022 di pameran otomotif berskala internasional rupanya masih belum cukup mengangkat penjualan Daihatsu di pameran tersebut secara keseluruhan. Pasalnya berdasarkan data yang kami dapatkan, penjualan Daihatsu hanya mencapai 504 unit.

Jumlah ini hanya menempatkan Daihatsu sebagai APM peringkat 9 penjualan terbesar, jauh di bawah Toyota yang berhasil menjadi jawara dengan perolehan 4.502 SPK. Daihatsu bahkan berada di bawah Mazda yang tidak membawa mobil baru dengan jumlah penjualan sebesar 607 SPK.

Daihatsu Xenia generasi terbaru diluncurkan di GIIAS 2021 dan menjadi andalan untuk menarik minat pengunjung datang ke booth. Langkah tersebut sebenarnya cukup efektif karena pada kenyataannya, booth Daihatsu cukup ramai dikunjungi orang.

Photo : Trenoto

Namun dari segi penjualan, Daihatsu hanya menyumbang 20 persen dari total penjualan atau sekitar 100 unit. Penjualan terbesar justru datang dari Daihatsu Rocky yang telah diluncurkan pada pertengahan tahun ini.

“Penjualan terbesar adalah Daihatsu Rocky sekitar 21 persen, setelah itu ada Xenia 20 persen dan Daihatu Terios yang juga sekitar 20 persen,” ungkap Rudy Ardiman, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Ia mengatakan bahwa meski bukan menjadi mobil terlaris, Low MPV andalan Daihatsu ini tetap mendapat respon positif dari masyarkat. Hanya saja, perlu sedikit waktu tambahan untuk membuat seseorang memutuskan untuk membeli sebuah mobil.

Photo : Trenoto

“Kalau dari respon sebenarnya sangat baik, tapi membeli mobil itu tidak bisa hanya dari brosur atau baca-baca saja. Membeli mobil itu masih harus melihat secara langsung, menyentuhnya, mencoba kemudian baru membelinya,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Daihatsu mematok penjualan sebesar 2 kali lipat dibandingkan model sebelumnya atau sekitar 2.000 hingga 2.500 unit per bulan. Jumlah ini diyakini bisa tercapai setelah unit Daihatsu Xenia tersebar merata.

Daihatsu Xenia resmi meluncur di Indonesia pada GIIAS 2021 dan sudah menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Mobil ini dilengkapi dengan 2 pilihan mesin berkapasitas 1.3L dan 1.5L.

Namun ubahan paling menarik adalah pada fitur keselamatannya. Daihatsu sudah menyematkan A.S.A (Advanced Safety Assist) yang menjadi andalannya saat ini. Dengan teknologi ini maka Daihatsu Xenia memiliki enam fitur keselamatan aktif yaitu Collision Warning Function, Hill-Start Assist, Pedal Misoperation Control, Leading Vehicle Departure Warning, Lane Departure Warning, dan Lane Departure.

Artikel Terkait