Mini Cooper PS Bespoke Edition Jadi Hadiah Buat Nasabah Bank UOB
04 April 2024, 14:00 WIB
Terdapat tiga merek mobil premium, penjualan BMW Group secara global mengalami pertumbuhan sepanjang 2021
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Menjadi pemimpin pasar kendaraan premium di Tanah Air, penjualan BMW Group Indonesia berhasil mengalami pertumbuhan sepanjang 2021. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan BMW dan Mini berhasil tumbuh 21 persen menjadi 3.102 unit sepanjang 2021.
Dari penjulan tersebut, BMW berhasil tumbuh 17 persen menjadi 2.433 unit dan Mini sebesar 39 persen atau 669 unit.
Sejalan dengan hal ini, pertumbuhan penjualan secara global juga terjadi. Pada periode yang sama, BMW Group membukukan pertumbuhan penjualan year-on-year sebesar 8,4 persen di 2021 atau 2.521.525 unit BMW, Mini, dan Rolls-Royce.
Penjualan BMW mencapai rekor tertinggi, karena menyentuh angka 2.213.795 unit atau naik 9,1 persen. Tak heran, tahun lalu BMW berhasil memimpin segmen premium secara global dan tumbuh hingga 133,2 persen untuk kendaraan listrik.
"Kami berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan sebesar 21 persen (year-on-year), berkat program penawaran serta strategi yang berorientasi pada pelanggan. BMW memimpin kompetisi di segmen kendaraan premium Indonesia dan mengungguli semua kompetitornya," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indnesia.
Khusus pasar otomotif Tanah Air, BMW menawarkan layanan premium dan menyiapkan solusi digital melalui Contactless Service. Pelayanan ini memungkinkan pelanggan melakukan perawatan dan servis kendaraan serta menerima update informasi detail terkait kondisi kendaraan melalui video dari tim servis.
"BMW Group Indonesia juga buktikan posisinya sebagai pelopor dalam interaksi virtual dan online, kami juga meluncurkan sebanyak lebih dari 28 model BMW dan MINI baru sepanjang 2021,” ujar Ramesh.
Dari sisi model, BMW Sports Activity Vehicle (SAV) mampu berkontribusi hingga 54 persen dari total penjualan. Ketiga model tersebut meliputi BMW X1 sebesar 27 persen, BMW Seri 3 25 persen dan BMW Seri 5 11 persen.
Sepanjang 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles berhasil memecahkan rekor dengan penjualan 132 unit. Ketiga model BMW M teratas ialah BMW M2 Competition sebesar 30 persen, BMW M4 Competition Coupe 18 persen, dan BMW M3 Competition 14 persen.
Untuk penjualan Mini, terdapat tiga yang menjadi tulang punggung di 2021, yakni Mini Countryman rakitan lokal dengan kontribusi 38 persen, Mini 3 Door 35 persen dan Mini 5 Door 10 persen.
"Tahun ini, BMW Group Indonesia akan meluncurkan tidak hanya satu melainkan tiga kendaraan listrik flagship inovatif, yakni BMW i4, BMW iX, dan Mini Electric. Peluncuran model-model ini dan fokus keseluruhan pada BMW i menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility,” tutur Ramesh.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
04 April 2024, 14:00 WIB
27 Maret 2024, 19:22 WIB
16 Maret 2024, 18:04 WIB
04 Februari 2024, 19:23 WIB
30 Oktober 2023, 20:32 WIB
Terkini
19 April 2024, 21:54 WIB
Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang memberikan pemutihan pajak kendaraan untuk meringankan beban
19 April 2024, 21:50 WIB
Resmi hadirkan dua model tahun ini, GAC Aion pilih Indonesia jadi basis perakitan kedua di Asia Tenggara
19 April 2024, 21:46 WIB
Jorge Martin menilai kalau Francesco Bagnai lawan kuat dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2024
19 April 2024, 19:52 WIB
Vespa World Days 2024 kembali digelar dan tahun ini di Pontedera, Italia yang merupakan rumah skuter ikonik
19 April 2024, 15:00 WIB
Toyota Fortuner Hybrid meluncur menggunakan sistem mild hybrid 48V, harga trim terendah Rp 705 jutaan
19 April 2024, 14:00 WIB
Masih stabil dan tidak mengalami perubahan setelah Lebaran, berikut kami rangkum daftar harga LCGC April 2024
19 April 2024, 13:00 WIB
Persyaratan dan cara mengurus SIM hilang pada April 2024 tidak memiliki perbedaan dibanding bulan sebelumnya
19 April 2024, 11:00 WIB
Berikut jadwal maupun lokasi ganjil genap puncak yang bakal diterapkan Polres Bogor sejak Jumat sampai Minggu