Penjualan Honda 2024 Turun, Brio Masih Jadi Tumpuan
16 Januari 2025, 07:00 WIB
Penjualan Daihatsu 2024 turun 25.845 unit tapi masih berhasil menjadi pabrikan terlaris kedua di Indonesia
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Daihatsu 2024 mengalami penurunan cukup besar bila dibandingkan tahun lalu. Hal ini terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang sudah diterbitkan.
Dari data itu disampaikan bahwa retail sales Daihatsu hanya mencapai 168.263 unit. Angka tersebut lebih kecil dibanding periode serupa tahun lalu yang mencatatkan angka 194.108 unit atau turun 25.845 unit.
Padahal pabrikan asal Jepang tersebut sudah melakukan beragam cara untuk memastikan masyarakat bisa melakukan pembelian dengan mudah. Mulai dari pemberian kredit, kemudahan layanan purnajual dan perawatan, program trade in hingga promo berhadiah menarik.
Penurunan ini sebenarnya tidak mengejutkan karena pasar otomotif nasional memang tertekan sepanjang tahun. Hampir semua pabrikan mengalami catatan yang kurang menyenangkan.
Meski demikian, Daihatsu masih menguasai posisi kedua merek terlaris di Indonesia.
“Capaian ini mencerminkan komitmen kami yang selalu berusaha menghadirkan beragam program penawaran spesial dalam menyediakan kendaraan sesuai kebutuhan khususnya pembeli mobil pertama,” ungkap Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation dalam keterangan resminya.
Selama 2024, Daihatsu Sigra masih menjadi tulang punggung dengan angka sebanyak 54.366 unit. Jumlah ini menguasai 32 persen dari total penjualan perusahaan.
Daihatsu Gran Max Pick Up menjadi mobil terlaris kedua dengan catatan mencapai 41.703 unit atau 25 persen. Sementara Terios menguasai peringkat ketiga setelah melepas 19.873 unit ke pelanggan atau sekitar 12 persen dari total penjualan.
Peringkat keempat ada Daihatsu Ayla yang terjual 18.588 unit atau berkontribusi 11 persen. Disusul Grand Max minibus sebesar 15.040 unit (9 persen) dan Xenia 11.014 unit (7 persen).
Sementara a model lainnya seperti Rocky, Luxio dan Sirion menyumbang lebih dari 7.000 unit atau menguasai sekitar 4 persen.
“Semoga pasar otomotif di Indonesia di tahun 2025 dapat bertumbuh dan Daihatsu dapat berkontribusi positif pada industri otomotif nasional,” pungkas Tri Mulyono.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
16 Januari 2025, 07:00 WIB
15 Januari 2025, 13:00 WIB
14 Januari 2025, 15:00 WIB
14 Januari 2025, 10:00 WIB
13 Januari 2025, 07:00 WIB
Terkini
16 Januari 2025, 17:00 WIB
Terdapat beberapa merek baru yang ambil bagian dalam pameran IIMS 2025, ambil contoh Geely serta Denza
16 Januari 2025, 15:00 WIB
Maka Motors minta pemerintah cepat mengumumkan kepastian insnetif agar masyarakat tidak tunda pembelian
16 Januari 2025, 14:00 WIB
Di masa mendatang, Aletra berniat melakukan produksi lokal baterai mobil listrik buat produk mereka di RI
16 Januari 2025, 13:00 WIB
VinFast VF 3 bakal meluncur di pasar Indonesia pada Februari 2025, berikut kami rangkum spesifikasinya
16 Januari 2025, 12:00 WIB
Kehadiran BYD Harmony Slipi diharapkan bisa menggoda mahasiswa-mahasiswa di sejumlah kampus dekat mereka
16 Januari 2025, 11:49 WIB
Tanpa dicharge dan ditinggal dalam keadaan terisi sekitar 80 persen, begini nasib baterai EV ketika ditinggal liburan sebulan.
16 Januari 2025, 11:00 WIB
Toyota sebut hingga saat ini masih tunggu rincian aturan insentif mobil hybrid agar bisa mendaftarkan modelnya
16 Januari 2025, 10:00 WIB
Setelah gagal meraih gelar juara dunia musim lalu, Francesco Bagnaia siap bangkit dalam gelaran MotoGP 2025