Penjualan Daihatsu Meningkat 35 Persen, Bertahan di Posisi Kedua

Pada semester I 2022, penjualan Daihatsu meningkat hingga 35 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu

Penjualan Daihatsu Meningkat 35 Persen, Bertahan di Posisi Kedua
Photo: Trenoto

TRENOTO – Membaiknya kondisi pandemi berhasil membuat pasar otomotif nasional pada semester pertama 2022 menunjukkan hasil positif. Penjualan kendaraan telah lebih tinggi bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dari Januari hingga Juni 2022, penjualan retail kendaraan roda empat berhasil mencapai 465 ribu unit. Jumlah ini lebih tinggi 20 persen bila dibandingkan perolehan semester pertama tahun lalu yang hanya sebesar 387 ribu unit.

Kenaikan tersebut pun dirasakan oleh Daihatsu yang berhasil bertengger di posisi kedua penjualan otomotif nasional. Penjualan Daihatsu meningkat dan sukses runner up setelah menjual lebih dari 90 ribu unit kendaraan di semester I 2022.

Photo : Trenoto

Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 35 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, market share Daihatsu juga mengalami kenaikan sebesar 2.2 persen menjadi 19.3 persen dibandingkan year to date (yoy) Juni 2021 sebesar 17.3 persen.

Daihatsu Sigra saat ini masih menjadi model terlaris karena berhasil terjual sebanyak 22.282 unit atau berkontribusi sebesar 24.5 persen dari total penjualan. Hasil positif diharapkan bisa tetap dipertahankan karena Daihatsu baru melakukan peremajaan.

Photo : Trenoto

Sementara di posisi kedua diisi oleh Gran Max Pick Up terjual 21.162 unit atau menyumbang 23.3 persen total penjualan. Di posisi ketiga ada Xenia dengan jumlah mobil dilepas ke pasar sebanyak 11.779 unit, setara 13 persen.

Meski terlempar dari posisi 3 besar, Terios masih menunjukkan perfoma baik karena berhasil terjual 10.268 unit, setara 11.3 persen. Menutup 5 besar penjualan ada Ayla yang berhasil dilepas pada pelanggan sebanyak 10.054 unit atau 11.1 persen.

Hasil baik yang diraih Daihatsu kemungkinan masih bisa ditingkatkan dengan hadirnya beragam pameran otomotif. Salah satunya adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 mendatang.

“Semoga raihan positif Daihatsu yang selaras dengan pertumbuhan pasar otomotif nasional dapat terus mendekat ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Artikel Terkait