Toyota Akui Tantangan di Kuartal Kedua 2024 akan Beragam
23 April 2024, 07:00 WIB
Relaksasi pajak kendaraan yang diberikan oleh pemerintah berhasil dimanfaatkan oleh Daihatsu dengan efektif
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Dampak positif perpanjangan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberikan Pemerintah Indonesia berhasil dirasakan langsung oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Hal ini terlihat dari angka penjualan Daihatsu yang terus tumbuh di 2021.
Secara umum, total volume market nasional memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pasalnya, sepanjang periode Januari – Oktober 2021, total volume market nasional untuk retail sales berhasil mencapai sekitar 677 ribu unit, dan wholesales menjadi sekitar 703 ribu unit
Dari jumlah tersebut, Daihatsu berhasil mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional dengan market share untuk retail sales sebesar 17.4 persen, dan whole sales 18.9 persen. Hasil ini tentunya terbilang baik terlebih bila dibandingkan dengan tahun lalu.
Secara volume, Daihatsu bukukan capaian retail sales sebanyak 118.089 unit, atau naik sebesar 44.7 persen, serta whole sales sebanyak 133.068 unit, atau naik sebesar 71.8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu.
Khusus untuk bulan Oktober, penjualan Daihatsu pun tercatat mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sepanjang Oktober, Daihatsu berhasil menjual sebanyak 14.301 unit kendaraan. Jumlah tersebut tidak lepas dari kontribusi mobil-mobil unggulan Daihatsu yaitu Sigra, Gran Max Pick Up dan Ayla.
Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 3.905 unit atau berkontribusi sebesar 27.3 persen. Jumlah ini selisih tipis dengan peringkat kedua yaitu Daihatsu Gran Max Pick Up yang berhasil terjual sebanyak 3.818 unit atau setara dengan 26.7 persen. Sementara diposisi ketiga ada Daihatsu Ayla yang terjual 2.049 unit atau setara 14.3 persen.
“Penjualan Daihatsu naik bertahap sejalan dengan kenaikan pasar. Semoga tren positif ini dapat terus berlangsung hingga akhir tahun 2021, sehingga pasar otomotif nasional tahun ini dapat lebih baik dibandingkan tahun 2020 lalu,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Harapan tersebut tentunya sangat masuk akal karena pada akhir 2021, Daihatsu akan menghadirkan Xenia generasi ketiga. Mobil tersebut akan diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
23 April 2024, 07:00 WIB
18 April 2024, 12:00 WIB
17 April 2024, 15:00 WIB
06 April 2024, 13:00 WIB
04 April 2024, 12:00 WIB
Terkini
25 April 2024, 21:25 WIB
Chery tidak paksa diler siapkan fasilitas untuk kendaraan listrik karena pasarnya belum terlalu besar
25 April 2024, 20:37 WIB
Meski terjadi perlambatan, IEA prediksi penjualan mobil listrik global bisa tembus 17 juta unit tahun ini
25 April 2024, 19:00 WIB
Chery pertahankan harga jual kembali kendaraannya dengan beragam cara agar masyarakat tidak merasa rugi
25 April 2024, 17:00 WIB
Chery buka diler pertamanya di Karawang dengan fasilitas 3S agar pelanggan mudah membeli dan merawat mobil
25 April 2024, 16:00 WIB
Tidak dipungut biaya atas kebijakan Kementerian ESDM, ini 14 bengkel yang layani konversi motor listrik gratis
25 April 2024, 15:00 WIB
Indonesia Diecast Expo 2024 bakal digelar di ICE BSD pada 26-27 Oktober dengan melibatkan lebih banyak brand
25 April 2024, 14:00 WIB
Kembaran Yamaha Aerox 155 di Malaysia baru saja mengalami penyegaraan, membuat motor tersebut semakin sporti
25 April 2024, 12:59 WIB
Menghadapi panasnya persaingan di pasar China, 2 model mobil listrik Toyota meluncur di Beijing Auto Show