Penjualan Mobil Daihatsu Meningkat Berkat Relaksasi Pajak

Relaksasi pajak kendaraan yang diberikan oleh pemerintah berhasil dimanfaatkan oleh Daihatsu dengan efektif

Penjualan Mobil Daihatsu Meningkat Berkat Relaksasi Pajak
Photo: Daihatsu Indonesia

TRENOTO – Dampak positif perpanjangan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberikan Pemerintah Indonesia berhasil dirasakan langsung oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Hal ini terlihat dari angka penjualan Daihatsu yang terus tumbuh di 2021.

Secara umum, total volume market nasional memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pasalnya, sepanjang periode Januari – Oktober 2021, total volume market nasional untuk retail sales berhasil mencapai sekitar 677 ribu unit, dan wholesales menjadi sekitar 703 ribu unit

Dari jumlah tersebut, Daihatsu berhasil mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional dengan market share untuk retail sales sebesar 17.4 persen, dan whole sales 18.9 persen. Hasil ini tentunya terbilang baik terlebih bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Secara volume, Daihatsu bukukan capaian retail sales sebanyak 118.089 unit, atau naik sebesar 44.7 persen, serta whole sales sebanyak 133.068 unit, atau naik sebesar 71.8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu.

Khusus untuk bulan Oktober, penjualan Daihatsu pun tercatat mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sepanjang Oktober, Daihatsu berhasil menjual sebanyak 14.301 unit kendaraan. Jumlah tersebut tidak lepas dari kontribusi mobil-mobil unggulan Daihatsu yaitu Sigra, Gran Max Pick Up dan Ayla.

Photo : Daihatsu Xenia

Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 3.905 unit atau berkontribusi sebesar 27.3 persen. Jumlah ini selisih tipis dengan peringkat kedua yaitu Daihatsu Gran Max Pick Up yang berhasil terjual sebanyak 3.818 unit atau setara dengan 26.7 persen. Sementara diposisi ketiga ada Daihatsu Ayla yang terjual 2.049 unit atau setara 14.3 persen.

“Penjualan Daihatsu naik bertahap sejalan dengan kenaikan pasar. Semoga tren positif ini dapat terus berlangsung hingga akhir tahun 2021, sehingga pasar otomotif nasional tahun ini dapat lebih baik dibandingkan tahun 2020 lalu,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Harapan tersebut tentunya sangat masuk akal karena pada akhir 2021, Daihatsu akan menghadirkan Xenia generasi ketiga. Mobil tersebut akan diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Artikel Terkait