Penjualan Mobil Listrik Hyundai Mendominasi Sepanjang 2021

Mobil Listrik Hyundai mendominasi penjualan ritel kendaraan di segmen BEV (Battery Electric Vehicle) di Indonesia sepanjang 2021

Penjualan Mobil Listrik Hyundai Mendominasi Sepanjang 2021
Photo: Hyundai

TRENOTO – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mendominasi pasar mobil listrik atau electric vehicle (EV) di Tanah Air selama 2021. Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) pada tahun lalu, model BEV (Battery Electric Vehicle) Hyundai mencatat 693 unit terjual dalam transaksi ritel.

Angka tersebut membuat Mobil Listrik Hyundai menguasai pangsa pasar BEV sebesar 87.3 persen di Tanah Air.

Adapun Hyundai Kona Electric memimpin segmen BEV dengan catatan penjualan sebanyak 366 unit atau 52.8 persen dari total retail. Lalu ada Ioniq Electric dengan 239 unit atau 34.5 persen.

Pada 2020, Hyundai juga memimpin pasar dengan total 124 unit kendaraan BEV terjual.

“Kami percaya bahwa pencapaian yang diterima oleh kedua model EV Hyundai, tidak terlepas dari komitmen kami sebagai perusahaan otomotif yang berpusat pada pelanggan. Kona Electric dan Ioniq telah mencatatkan sejarah di Indonesia dan masih akan ada lebih banyak lagi,” kata SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia dalam siaran resminya.

Dua model BEV andalannya tersebut di atas diluncurkan pada akhir 2020. Baik Kona maupun Ioniq Electric menjadi tanda dimulainya komitmen jangka panjang Hyundai, guna membangun ekosistem EV di Indonesia.

Lebih lanjut, pabrikan asal Korea Selatan ini melakukan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia, untuk membangun fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di lebih dari 180 titik lokasi di Tanah Air.

Photo : Hyundai

Secara bersamaan, Hyundai juga proaktif dalam mengedukasi para pelanggannya di Indonesia. Mereka diberikan tentang manfaat memiliki kendaraan listrik atau EV.

Hyundai juga bekerjasama dengan LG Energy Solution untuk menjaga pasokan sel baterai yang stabil untuk BEV. Langkah tersebut diwujudkan dalam bentuk pabrik manufaktur sel baterai di Karawang, Jawa Barat.

Pabrik tersebut ditargetkan baru selesai dibangun pada semester pertama 2024.

Merek dengan logo H miring ini juga akan terus menambah jajaran model BEV andalanya di Indonesia. Hyundai Ioniq 5 rencananya akan masuk jalur produksi pada tahun ini.

Mobil listrik tersebut akan menjadi model pertama yang menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform tersebut dirancang khusus untuk model-model EV di masa mendatang.

Artikel Terkait