Penjualan Tesla Meroket, Jadi Duri Bagi BMW Mercedes juga Lexus 

Penjualan Tesla meroket disebut jadi duri bagi BMW, Mercedes dan Lexus di persaingan pasar mobil premium Amerika Serikat

Penjualan Tesla Meroket, Jadi Duri Bagi BMW Mercedes juga Lexus 
Photo: Istimewa

TRENOTO – Berdasarkan data penjualan 2021 dari Automotive News Research & Data Center, Tesla telah mengirimkan 313.400 unit. Memang Tesla sendiri sampai saat ini tidak mengumumkan jumlah penjualannya secara resmi, menjadi agak sulit untuk menghitung secara presisi kesuksesan dari pabrikan mobil listrik milik Elon Musk. 

Automotive News juga menyebutkan bahwa penjualan Tesla di Amerika Serikat mengalami peningkatan signifikan pada 2021 dibanding tahun sebelumnya. Penjualan mereka disebut naik sekitar 65 persen bahkan secara global mencapai 87 persen.

Sementara BMW melaporkan penjualan mereka di Amerika Serikat sebanyak 336.644 unit kemudian Lexus 304.475 unit disusul Mercedes 276.012 unit. Jika angka penjualan Tesla di atas benar, makanya sejatinya mereka adalah pabrikan mobil listrik yang berhasil menerobos di peringkat kedua di pasar mobil premium Amerika Serikat. 

Hal ini seperti mengingatkan kejadian yang terjadi pada 1989 saat Lexus LS400 diluncurkan. Kehadirannya langsung memecah persaingan penjualan BMW dan Mercedes Benz yang telah terjadi puluhan tahun.

BMW sendiri tetap menjadi mobil premium terlaris di Amerika Serikat seperti 2 tahun sebelumnya. Mereka merebut dominasi Mercedes Benz selama 3 tahun berturut-turut.

Photo : Tesla

Mercedes sampai saat ini juga masih memiliki kendala atau kurang efektif dalam penangganan krisis pasokan semi konduktor. Dan telah mengumumkan masalah ini akan terus mempengaruhi produksi dan penjualan mereka di paruh pertama 2022.

Pertanyaannya, apakah singasana BMW akan direbut oleh Tesla di akhir 2022?. Bisa saja tapi rasanya butuh efford sangat besar, apalagi ada banyak kendala dari model-model Tesla yang ada saat ini.

Contohnya Tesla Model S yang menjadi andalan mereka sudah berumur hampir 1 dekade. Dan belakangan kerap mendapat masalah terutama dari sisi mal fungsi fitur juga kualitas produksi. Tesla sekatinya punya andalan baru yakni Tesla Cyber Truck, sayang hingga saat ini belum ada kepastian kapan akan diproduksi.

Yang perlu diingat, BMW, Mercedes dan juga Lexus makin memperkuat jajaran mobil listriknya, seperti BMW i4, BMW iX, Mercedes Benz EQE serta Lexus RZ. Belum lagi mereka ditunjang oleh jajaran dealer yang telah tersebar di dataran Amerika Serikat, tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon pembeli.

Akhirnya, mungkinkah Elon Musk akan mengambil langkah ajaib untuk merealisasikan hal ini?. Tunggu berita selanjutnya.

Artikel Terkait