Penjualan Toyota Melesat Berkat Generasi Baru Avanza dan Veloz

Generasi baru Avanza dan Veloz yang diluncurkan di GIIAS 2021 membuat penjualan Toyota semakin melesat

Penjualan Toyota Melesat Berkat Generasi Baru Avanza dan Veloz
Photo: Toyota

TRENOTO – Membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak positif pada pertumbuhan industri otomotif. Hal ini berdampak langsung pada PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang berhasil meningkatkan kinerjanya di kuartal kedua 2022.

Hingga April 2022, total penjualan Toyota sudah mencapai 108.874 unit atau naik 34.9 persen dibandingkan periode periode yang sama tahun lalu sebesar 80.736 unit. Tingginya angka tersebut pun berdampak positif pada market share Toyota.

Berdasarkan data yang disampaikan, market share Toyota ikut terkerek naik. Dari sebelumnya hanya mampu menguasai 30.5 persen, kini market share berada di angka 31.5 persen.

Photo : Toyota

Toyota Avanza dan Veloz generasi terbaru yang diluncurlan pada GIIAS 2021 dinilai menjadi penyebab tingginya angka penjualan. Sebagai produk baru, keduanya konsisten mencatatkan rata-rata di level 4.000 unit per bulan.

Hingga April 2022, Avanza telah membukukan penjualan lebih dari 17.000 dan Veloz lebih dari 15.000 unit. Bahkan di April, raihan Veloz meningkat sebesar 50.7 persen dibanding Maret 2022 sehingga memperkuat posisinya sebagai salah satu model terlaris di Indonesia.

Kehadiran keduanya pun berdampak positif juga terhadap total pasar LMPV di periode Januari hingga April 2022. Mereka berhasil menguasai 45 persen atau naik sebesar 6,7 persen dari 38.3 persen pada periode sama di 2021.

Photo : Toyota

Dominasi Avanza dan Veloz terhadap pasar tentunya sangat menarik. Pasalnya persaingan LMPV di Tanah Air terbilang sangat ketat.

Tingginya angka penjualan pun tidak lepas dari respon positif atas promo kendaraan yang diberikan selama ini. Terlebih penawaran tersebut didukung oleh hadirnya beberapa pameran otomotif jelang musim mudik.

“Berbagai program yang kami tawarkan mendapat respon positif dari pelanggan serta mampu meningkatkan kinerja penjualan. Ini tentu diharapkan memberi kontribusi pada peningkatan kinerja industri otomotif nasional dan pertumbuhan ekonomi secara nasional,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM dalam keterangan resminya.

Angka ini tentu masih berpotensi meningkat karena Toyota masih menyimpan beberapa model baru untuk waktu ke depan. Beragam acara otomotif di semester kedua juga akan lebih banyak jumlahnya sehingga dapat meningkatkan perolehan di masa depan.

Artikel Terkait