Pentingnya Merawat Wiper di Musim Hujan

Wiper memiliki tugas yang cukup penting bagi kendaraan roda empat khususnya saat memasuki musim penghujan

Pentingnya Merawat Wiper di Musim Hujan
Photo: 123RF

TRENOTO – Musim hujan yang sudah mulai bergulir, membuat para pemilik kendaraan harus memberikan perhatian khusus pada beberapa komponen. Salah satunya adalah wiper yang memiliki tugas lebih berat pada musim hujan.

Bila wiper mengalami kerusakan, sebaiknya segera diganti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kecelakaan. Hal tersebut disampaikan oleh Maria Kayla Augusta, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Aftermarket Indonesia.

“Ketika mengemudi dalam situasi hujan deras dengan kecepatan 80 km/jam, maka 1 detik saja wiper tidak berfungsi dengan baik dapat memengaruhi pandangan pengemudi hingga 25 meter ke depan. Kualitas wiper yang kurang baik akan meninggalkan sisa air pada kaca sehingga menghalangi jarak pandang pengemudi,” terangnya.

Untuk itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan menjelang musim hujan tiba. Dan berikut adalah ciri-ciri wiper sudah harus diganti :

  • Sapuan wiper menyisakan garis air di bagian tengah atau ujung atas dan bawah kaca mobil.
  • Terdengar suara gesekan pada kaca saat wiper bekerja.
  • Meninggalkan jejak embun atau kabut pada kaca mobil.
  • Sapuan wiper menggores kaca mobil.

Photo : bosch

Untuk mengatasi hal tersebut,  Bosch melalui divisi Automotive Aftermarket memperkenalkan produk terbaru mereka yaitu Bosch New Clear Advantage Wiper. Produk ini diklaim diklaim mampu memberikan sapuan lebih bersih pada kaca mobil.

Penerapan teknologi flat blade tanpa adanya logam yang terbuka, braket plastik, maupun sambungan disebut menjadi kunci dari kualitas wiper tersebut. Pasalnya, tekanan sapuan pun menjadi lebih menyeluruh bila dibandingkan wiper konvensional.

Selain itu, wiper juga telah dilengkapi dengan Aerodynamic Wind Spoiler. Fitur ini membuat wiper mampu mengarahkan aliran udara dari depan mobil untuk menekan bilah wiper. Dengan ini maka gerakan dan kemampuan wiper dalam mengusap tetap konsisten walau mobil meluncur dalam kecepatan tinggi.

Karet wiper juga disebut terbuat dari material grafit khusus dengan tepi penyeka mikro untuk memastikan kinerja penyekaan terbaik tanpa bunyi gesekan pada kaca. Bahan ini juga membuat wiper menjadi lebih awet dan tidak mudah getas.

Wiper sebaiknya secara rutin mendapatkan pengecekan. Hal ini dikarenakan pentingnya fungsi wiper pada kendaraan.

Artikel Terkait