Peran Pabrikan dalam Menangani Kasus Mobil Listrik yang Terbakar

Pabrikan mobil yang membuat mobil listrik punya peran sentral untuk mengatasi mobil listrik yang terbakar

Peran Pabrikan dalam Menangani Kasus Mobil Listrik yang Terbakar

TRENOTO – Seperti TrenOto beritakan sebelumnya mengenai masih gagapnya petugas pemadam kebakaran di Amerika Serikat saat berhadapan dengan kasus mobil listrik terbakar, lalu kemudian banyak yang bertanya peran dari pabrikan pembuatnya.

Sampai saat ini U.S Fire Administration (USFA) atau satuan pemadam kebakaran Amerika Serikat dikabarkan masih terus melakukan pelatihan kepada seluruh anggotanya. Dan kabarnya lagi, banyak di antara para petugas yang belum mendapatkan pelatihan resmi mencoba mencari informasi terutama dari website-website resmi pabrikan mobil.

Beberapa pabrikan mobil memang telah memberikan panduan tanggap darurat menghadapi situasi tersebut yang dirancang untuk membantu petugas. Salah satu yang paling krusial adalah membantu petugas pemadam untuk mengidentifikasi posisi baterai pada mobil listrik.

NFPA (National Fire Protection Association), organisasi internasional yang ditunjuk untuk meminimalisir bahaya dari kebakaran pernah mengumpulkan semua panduan dari pabrikan-pabrikan mobil melalui website. Menurut NFPA, informasi yang bisa diakses petugas kadang membingungkan atau tidak sesuai dengan kebutuhan seperti kejadian sesungguhnya di lapangan.

Disebutkan bahwa petunjuk dari pabrikan mobil hanya garis besarnya saja, sebatas cara mengatasi baterai lithium-ion tegangan tinggi yang terbakar. Tidak ada detail khusus mobil listrik, termasuk posisi baterai secara spesifik agar memudahkan petugas melakukan pemadaman.

Menurut NFPA, tak ada satu pun pabrikan mobil listrik memberikan instruksi khusus untuk meminimalisir bahaya baterai lithium-ion yang bisa menyala kembali setelah padam.

Sementara menurut catatan NTSB (The National Transportation Safety Board), baru ada 2 pabrikan yang memberikan instruksi khusus bagaimana cara mengatasi kebakaran baterai bertegangan tinggi. Yang menarik informasinya gampang dimengerti karena lengkap dengan petunjuk menurut masing-masing model mobil listriknya.

Subaru menjadi pabrikan pertama yang memberikan rekomendasi untuk tidak membanjiri baterai dengan air. Mereka lebih merekomendasikan agar petugas membiarkan baterai hingga mati sendiri. Pabrikan satunya adalah Hyundai yang merekomendasikan untuk memantau baterai terbakar dengan menggunakan kamera termal. 

Tom Barth, penyidik NTSB kepada Spotlight on America mengatakan bahwa benar-benar hanya sedikit petunjuk tentang penggunaan air dalam merespon mobil listrik yang terbakar. Belum jelas informasi mengenai kapan petugas harus terus menyiram air atau malah menghentikannya.

Diketahui, saat terbakar suhu pada mobil listrik bisa mencapai 2.760 derajat celcius. Dan jika disiram air tidak sesuai prosedur, apalagi saat molekul air yang terpisah menjadi gas hidrogen serta oksigen, dipastikan sewaktu-waktu akan menimbulkan ledakan besar.

"Jika tidak dilakukan dengan cara paling efektif dan benar, pada akhirnya kita semua bisa mengalami beberapa tragedi besar. Itulah mengapa sangat penting bagi petugas pemadam mengetahui cara paling tepat untuk beraksi memadamkan mobil listrik yang terbakar," kata Tom pada Spotlight on America.


Terkini

news
GAC Aion Pilih Indonesia jadi Basis Perakitan Kedua di Asia Tenggara

GAC Aion Pilih Indonesia jadi Basis Produksi Kedua

Resmi hadirkan dua model tahun ini, GAC Aion pilih Indonesia jadi basis perakitan kedua di Asia Tenggara

otosport
Jorge Martin Sebut Bagnaia Kandidat Kuat Juara Dunia MotoGP 2024

Jorge Martin Lempar Beban ke Bagnaia

Jorge Martin menilai kalau Francesco Bagnai lawan kuat dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2024

motor
Vespa World Days 2024 Digelar, Ribuan Orang Mudik ke Italia

Vespa World Days 2024 Bakal Sedot Ribuan Orang Ke Italia

Vespa World Days 2024 kembali digelar dan tahun ini di Pontedera, Italia yang merupakan rumah skuter ikonik

mobil
Toyota Fortuner Hybrid

Toyota Fortuner Hybrid Meluncur Mulai Rp 705 Jutaan

Toyota Fortuner Hybrid meluncur menggunakan sistem mild hybrid 48V, harga trim terendah Rp 705 jutaan

mobil
Daftar Harga LCGC April 2024

Daftar Harga LCGC April 2024 Setelah Lebaran

Masih stabil dan tidak mengalami perubahan setelah Lebaran, berikut kami rangkum daftar harga LCGC April 2024

otopedia
Cara mengurus SIM hilang

Cara Mengurus SIM Hilang April 2024, Syaratnya Beragam

Persyaratan dan cara mengurus SIM hilang pada April 2024 tidak memiliki perbedaan dibanding bulan sebelumnya

news
Jadwal Ganjil Genap Puncak 19 April, Jangan Sampai Diputar Balik

Jadwal Ganjil Genap Puncak 19 April, Jangan Sampai Diputar Balik

Berikut jadwal maupun lokasi ganjil genap puncak yang bakal diterapkan Polres Bogor sejak Jumat sampai Minggu

mobil
Chery Akan Suplai Platform buat Mobil Listrik Jaguar Land Rover

Chery siap Berbagi Platform dengan Jaguar Land Rover

Menarik minat produsen Eropa, Chery siap berbagi platform untuk mobil listrik produksi Jaguar Land Rover