Perjalanan Toyota Avanza dari Masa ke Masa

Toyota Avanza memiliki banyak cerita di Indonesia sejak kemunculannya pertama kali, mobil sejuta umat ini akan berganti generasi

Perjalanan Toyota Avanza dari Masa ke Masa
Photo: 123RF

TRENOTO – Berada di segmen Low MPV, Toyota Avanza sukses menarik perhatian masyarakat sejak diluncurkan pada Desember 2003. Harganya yang sangat terjangkau menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Bersama kembarannya Daihatsu Xenia, pabrikan mobil asal Jepang tersebut menawarkan dua pilihan tipe, yakni 1.3 G dan 1.3 E. Menyandang sebutan 'mobil sejuta umat' harga yang ditawarkan pada generasi pertama mulai dari Rp89,5 juta.

  • Studi Mobil Kembar

Meski baru meluncur pada 2003, studi kedua mobil telah dilakukan sejak 1999. Kebutuhan masyarakat akan mobil keluarga, menjadi salah satu pendorong hadirnya Avanza. Terlebih lagi, penjualan Kijang saat itu mengalami penurunan.

Toyota Motor Corporation (TMC) merupakan pemegang saham mayoritas di Daihatsu. Hal ini menjadi salah satu alasan pembuatan mobil diberikan kepada Astra Daihatsu Motor (ADM).

  • Perubahan Pertama

Suksesnya Toyota Avanza membuat pabrikan terus melakukan inovasi untuk menarik perhatian konsumen. Tak butuh waktu lama, selang dua tahun mengaspal, pabrikan akhirnya mengeluarkan varian baru.

Resmi meluncur di 2005, konsumen bisa mendapatkan transmisi otomatis 4-percepatan yang ada pada tipe G. Selain itu, Toyota juga memberikan sistem pengereman ABS guna menambah kenyamanan pengendara.

Setelah setahun peluncuran varian otomatis, Toyota resmi menghadirkan New Avanza. Hadir pada 2006, perubahan mencolok yang diberikan terdapat pada teknologi VVT-i (Variable Valve Timing Intelligence).

Toyota juga menghadirkan Avanza bermesin 1.5 L, yakni tipe 1.5 S (M/T) dan 1.5 S (A/T). Hadirnya mesin ini membuat varian 1.3 S tersisih.

Ubahan pada mesin membuat Avanza kini memiliki mesin 1.500 cc sehingga lebih bertenaga. Ditambah lagi fitur yang disematkan seperti sensor parkir dan rem dengan bantuan ABS.

  • Hadirnya Generasi Kedua

Perubahan besar terhadap Avanza dilakukan Toyota pada 2011. Di generasi ini, pabrikan kembali menghidupkan mesin 1.300 cc, sehingga tersedia dua pilihan jantung pacu.

Khusus 1.300 cc, tersedia dua varian yakni 1.3E dan 1.3 G. Tak hanya mesin, konsumen juga mendapat pilihan transmisi manual dan otomatis. Pada kesempatan ini juga tersedia varian Veloz yang menjadi tipe tertinggi.

  • Perubahan di Tahun 2015

Setelah empat tahun, Avanza kembali bersolek. Pada generasi ini, Toyota mengubah tampilann mobil dengan cukup signifikan.

Photo : 123RF

Selain memiliki tampilan yang berbeda, grand new Avanza dan Veloz juga dilengkapi beberapa fitur keamanan, seperti side impact beam untuk melindungi penumpang dari benturan di bagian samping, serta teknologi kunci Immobilizer untuk mencegah terjadinya pencurian.

Pabrikan juga menyediakan sistem hiburan layar sentuh, sehingga pengendara dan penumpang bisa lebih nyaman saat berada di tengah kemacetan atau pergi ke luar kota.

Generasi ini terus bertahan hingga sekarang dan hanya disegarkan melalui ubahan minor atau biasa disebut facelift. Dalam waktu dekat, Avanza akan berbeda sepenuhnya dan patut untuk dinantikan kedatangannya.

Artikel Terkait