Peugeot e-Expert Mobil Komersial Berbasis Hidrogen

Peugeot e-Expert hydrogen ditawarkan untuk para pebisnis yang peduli dengan lingkungan lebih baik dari sebelumnya

Peugeot e-Expert Mobil Komersial Berbasis Hidrogen
Photo: peugeot

TRENOTO – Peugeot e-Expert hadir sebagai mobil komersial berbasis hidrogen yang pertama di kelasnya. Langkah ini dikatakan merupakan sejarah baru Peugeot dalam industri otomotif global.

Pabrikan mobil asal Perancis ini berhasil memproduksi kendaraan komersial yang mengandalkan teknologi Hydrogen Fuel Cell. Kemampuannya yang luar biasa, akan menguntungkan para konsumen setianya.

“Dengan e-Expert Hydrogen, Peugeot menjadi pemimpin dalam implementasi kendaraan masa depan yang bebas emisi. Teknologi elektrifikasi hidrogen ini memungkinkan kendaraan komersil terus digunakan secara intensif, tanpa harus berhenti mengisi daya,” ucap Linda Jackson, CEO Peugeot.

Sebagai mobil yang sistemnya mengandalkan hidrogen, menempatkan seluruh komponen bergeraknya di balik kompartemen mesin. Lalu juga ada pada bagian dasar kendaraan layaknya mobil listrik secara umum.

Hasilnya titik pusat berat pada dasar memberikan kestabilan, keamanan dan kelincahan tinggi pada kendaraan.

Photo : peugeot

Peugeot e-Expert Hydrogen sudah diminati oleh Watea yang merupakan anak perusahaan Michelin dan berdedikasi pada solusi mobilitas ramah lingkungan. Disebutkan bahwa pengiriman pertama unitnya dilakukan pada akhir 2021.

Mobil komersial ini merupakan simbol dari strategi Peugeot yakni ‘Power of Choice’. Kehadirannya dikatakan merupakan pilihan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan calon konsumen.

Produksi pertamanya dilakukan di wilayah Prancis (Nord, Hauts de France), selanjutnya memanfaatkan fasilitas mereka di Jerman (Russelsheim) yang merupakan lini produksi Stellantis.

Kawasan yang terakhir disebut merupakan fasilitas yang didedikasikan untuk memproduksi kendaran berteknologi hidrogen.

Kendaraan berteknologi hidrogen dikatakan menjadi salah satu pilar besar dalam transisi perubahan energi untuk masa depan. Peugeot menjadi produsen yang sudah memulainya dengan produk e-Expert.

Spesifikasi Peugeot e-Expert Hydrogen

Dikutip dari berbagai sumber, kendaraan komersial ini menggunakan basis yang sama dengan Opel Vivaro-e Hydrogen. Keduanya dikembangkan oleh para insinyur di Stelantis.

Photo : peugeot

  • Jarak tempuh lebih dari 400 km
  • Pengisian ulang 3 menit untuk 700 bar tangki hydrogen (70 MPa) atau 4.4 kilogram hydrogen
  • 45 kW fuel cell stack dengan range 50 km
  • Front wheel drive (FWD)
  • 11 kW three-phase on-board charger
  • 2 pilihan jarak (standar dan jauh)
  • Ruang kargo 5.3 m3 hingga 6.1 m3
  • Maksimal daya angkut 1.100 kg
  • Towing mencapai 1.000 kg

Artikel Terkait