Polda Jawa Barat Lakukan Buka Tutup Jalan untuk Tekan Covid-19

Polda Jawa Barat lakukan buka tutup jalan untuk menekan penyebaran Covid-19 varian Omicron yang belakangan semakin menyebar

Polda Jawa Barat Lakukan Buka Tutup Jalan untuk Tekan Covid-19
Photo: Antara

TRENOTO – Tingginya kasus Covid-19 di Indonesia, Polda Jawa Barat akhirnya melakukan langkah yang preventif. Mereka menerapkan sistem buka-tutup jalan di sejumlah lokasi untuk membatasi mobilitas masyarakat.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di beberapa wilayah Jawa Barat. Pasalnya, pembatasan mobilitas dinilai masih menjadi salah satu cara paling efektif untuk membatasi penularan Covid-19.

PPKM level 3 di Jawa Barat saat ini berlaku untuk Bogor, Depok, Bekasi serta Bandung Raya. Khusus untuk Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang dan Kota Cimahi.

Photo : Antara

Meski demikian, Polda Jawa Barat dipastikan tidak akan melakukan pembatasan di Kota dan Kabupaten Bekasi serta Kota Depok. Pasalnya, ketiga wilayah tersebut merupakan wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Akan ada beberapa langkah operasional lalu lintas, seperti pembatasan ganjil-genap, kemudian ada rangkaian buka tutup jalan di beberapa penggal jalan,” ungkap Kombes Pol Ibrahin Tompo, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat.

Dilansir dari Antara, Ia menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan patroli berskala besar untuk memastikan protokol kesehatan dipatuhi masyarakat. Patroli dilakukan secara persuasif dan edukatif namun bila ada pelanggaran maka pihaknya dapat mengambil tindakan hukum.

Photo : Antara

“Tapi kami sangat berharap kondisi tersebut (tindakan hukum) tidak dilaksanakan. Diharapkan masyarakat bisa bekerjasama serta mendukung program PPKM level 3,” tambahnya kemudian.

Sementara ini di Kota Bandung sudah diberlakukan sistem ganjil-genap untuk kendaraan yang masuk melalui 5 gerbang tol. Kelima gerbang tol tersebut adalah Gerbang Tol pasteur, Pasirkoja, Kopo, Muhammad Toha serta Buahbatu.

Penutupan ruas jalan di kota Bandung akan dilakukan di tiga titik yakni jalan Lengkong Kecil, Asia Afrika dan Dipatiukur. Penerapannya akan dilakukan pada pukul 18.00 – 24.00 WIB.

Namun pemberlakukan tersebut masih dilakukan pada akhir pekan saja dengan harapan mobilitas masyarakat yang masuk ke Kota Bandung dapat ditekan. Penerapan juga diharapkan bisa mengurangi risiko Covid-19 masuk ke wilayah Bandung Raya.

Gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia hingga kini masih terus bertambah. Berdasarkan data pada 9 Februari 2022, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia bertambah 46.843 menjadi 4.626.936. Kasus sembuh di Indonesia meningkat 14.016 menjadi 4.216.328 orang dan jumlah bertambah 65 menjadi 144.784 jiwa.

Artikel Terkait