Polda Jawa Tengah Gelar Operasi Keselamatan Candi 2022

Sama seperti Polda Metro Jaya, Polda Jawa Tengah juga menggelar Operasi Keselamatan Candi yang akan digelar Maret 2022

Polda Jawa Tengah Gelar Operasi Keselamatan Candi 2022
Photo: TMC Polda Metro
  • Oleh Adi Hidayat

  • Jum'at, 25 Februari 2022 | 21:53 WIB

TRENOTO – Beberapa waktu lalu kami telah menyampaikan bahwa Ditlantas Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2022 pada 1-14 Maret mendatang. Namun operasi tersebut rupanya tidak hanya ada di DKI Jakarta.

Salah satu yang akan menggelar operasi sejenis adalah Polda Jawa Tengah dengan waktu pelaksanaan serupa yaitu pada 1-14 Maret. Dalam pelaksanaannya, Polda Jawa Tengah akan menggunakan nama Operasi Keselamatan Candi 2022.

Kombes. Pol. Untung Sudarto, Irwasda Polda Jateng mengatakan bahwa Operasi Keselamatan Candi 2022 bertujuan untuk mewujudkan budaya tertib berlalu lintas. Operasi ini juga dilaksanakan sebagai upaya memberantas penyebaran Covid-19.

Photo : TMC Polda Metro

“Laksanakan operasi secara maksimal dan sungguh-sungguh namun upayakan melalui pendekatan humanis. Laksanakan juga kegiatan sosialisasi dan himbauan secara simpatik,” jelas Irwasda Polda Jawa Tengah.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kombes. Pol. Agus Suryo Nugroho, Dirlantas Polda Jawa Tengah. Ia menyatakan telah menetapkan beberapa poin yang menjadi sasaran kegiatan operasi, termasuk memutus penyebaran Covid, mengurangi pelanggaran dan Laka Lantas.

“Kita laksanakan kegiatan dengan baik dan tepat sasaran. Sehingga operasi ini dapat meningkatkan disiplin berlalu lintas serta terciptanya keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” jelas Dirlantas beberapa waktu lalu.

Sama seperti Polda Metro Jaya, ada 7 jenis pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran utama. Ketujuh pelanggaran tersebut dipilih karena dianggap sebagai yang paling umum dilakukan masyarakat.

Photo : TMC Polda Metro

Diharapkan dengan adanya operasi ini maka masyarakat akan menjadi lebih disiplin dalam berkendara. Pasalnya, semakin disiplin masyarakat dalam berkendara maka risiko terjadinya kecelakaan dan sebagainya akan menurun.

7 Pelanggaran yang Diincar Operasi Operasi Keselamatan Candi 2022

  • Berhenti di tempat terlarang (sembarangan tempat) termonitor kamera kopek
  • Tidak menggunakan sabuk keselamatan yang termonitor kamera etle
  • Melanggar batas kecepatan
  • Menggunakan handphone saat mengemudikan kendaraan di jalan raya yang tidak menggunakan handsfree
  • Tidak menggunakan helm SNI
  • Di bawah umur yang belum memenuhi syarat, tidak memiliki SIM
  • Melawan arus dan menerobos lampu merah Penindakan terhadap pelanggaran tersebut dilakukan dengan mekanisme ETLE

Artikel Terkait