Polda Metro Jaya Akui Kemacetan Arus Balik Tidak Bisa Dihindari

Polda Metro Jaya akui kemacetan arus balik tidak bisa dihindari, yang bisa dilakukan hanyalah mengelolanya

Polda Metro Jaya Akui Kemacetan Arus Balik Tidak Bisa Dihindari
Photo: Jasa Marga

TRENOTO – Polda Metro Jaya mengakui bahwa kemacetan arus balik tidak bisa dihindari lagi. Hal ini karena volume kendaraan menuju DKI Jakata dan sekitarnya akan meningkat pesat khususnya saat puncak arus balik Lebaran 2022.

Apa yang bisa dilakukan Kepolisian saat ini hanyalah mengatur agar kemacetan tidak menghambat perjalanan terlalu lama. Dengan demikian maka perjalanan pulang ke kota asal khususnya Jakarta akan menjadi lebih nyaman.

“Kemacetan akibat kepadatan dan kenaikan volume arus lalu lintas tidak mungkin bisa dihindarkan. Yang kami lakukan adalah bagaimana mengelolanya sehingga bisa memberikan kepastian kepada masyarakat serta dikelola agar tidak menimbulkan komplain,” ungkap Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Photo : Jasa Marga

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memperkirakan puncak arus balik Idul Fitri 1443 H terjadi pada 7 dan 8 Mei 2022. Kepadatan lalu lintas diprediksi terjadi karena kendaraan dari berbagai wilayah akan bertemu di Jakarta pada saat bersamaan.

"Pada saat arus balik itu semuanya akan bermuara di Jakarta. Itulah sebabnya Polda Metro Jaya, khususnya Direktorat Lalu Lintas perlu melakukan langkah-langkah rekayasa dan imbauan kepada masyarakat agar perjalanan tidak terhambat," ujar Sambodo.

Photo : NTMC Polri

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan di antaranya adalah dengan menerapkan sistem one way dan contraflow di sejumlah titik. Langkah tersebut diharapkan bisa mengurangi kepadatan khususnya di jalan tol

Jadwal One Way Tol Trans Jawa

  • Jumat (6/5) pukul 14.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 47 (Tol Jakarta – Cikampek).
  • Sabtu (7/5) pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim)
  • Minggu (8/5) mulai pukul 07.00 WIB hingga Senin (9/5) pukul 03.00 WIB dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim).
  • Polri juga dapat memberlakukan sistem one way mulai KM 442 (Gerbang Tol Bawen) dengan mempertimbangan kondisi volume lalu lintas yang terjadi di lapangan.

Artikel Terkait