Polisi Tutup Jalan di Sekitar Monas Karena ada Demo Kenaikkan BBM

Jalan di sekitar Monas dan Istana Negara ditutup pihak kepolisian karena ada demo kenaikkan BBM beberapa waktu lalu

Polisi Tutup Jalan di Sekitar Monas Karena ada Demo Kenaikkan BBM
Photo: Antara

TRENOTO – Polda Metro Jaya menutup untuk sementara arus lalu lintas di sekitar Istana Negara – Monumen Nasional (Monas) dan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan karena ada demo kenaikkan BBM yang belum lama diberlakukan.

Seperti diketahui bahwa Pemerintah secara resmi memberlakukan tarif baru BBM bersubsidi. Langkah tersebut dilakukan setelah Pertamina tidak lama menurunkan harga BBM non subsidi.

Kenaikan harga BBM subsidi tentunya semakin memberatkan rakyat kecil. Karena BBM digunakan banyak orang untuk melakukan mobilitas sehari-hari.

Photo : 123rf

Aksi unjuk rasa sendiri tidak bisa terelakkan imbas kenaikkan BBM subsidi. Guna menghindari kemacetan panjang, pihak kepolisian mengerahkan personil untuk melakukan rekayasa jalan raya.

“Kami tutup sementara arus lalu lintas karena ada unjuk rasa,” kata Komisaris Polisi Purwanta, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat seperti dikutip Antara, Senin (05/09).

Pihak Kepolisian menutup sementara kawasan Harmoni, Jalan Veteran 1, 2 dan 3 serta jalan Merdeka Barat. Lalu jalan Merdeka Utara yang mengarah ke Harmoni juga ditutup untuk sementara.

Baca juga : Harga BBM Pertamina Naik, Ini Daftarnya

Disebutkan lebih lanjut bahwa arus lalu lintas dari Jalan Thamrin dialihkan sementara menuju Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Merdeka Selatan. Aparat Kepolisian juga memasang barikade berupa kawat berduri di depan Patung Kuda dari depan gedung Sapta Pesona hingga Silang Merdeka Barat Daya.

Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jaya Jakarta Pusat mengerahkan sekitar 80 orang petugas dibantu Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Hal ini dilakukan untuk mengamankan arus lalu lintas di sekitar Monas, Istana Negara dan Patung Kuda.

Aksi unjuk rasa atau biasa disebut demonstrasi di depan Patung Kuda dilakukan oleh kelompok massa dari mahasiswa di antaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Photo : Trenoto

Seluruhnya menyuarakan protes atas kenaikan harga BBM bersubsidi. Selain itu mereka juga mendorong pemberantasan mafia BBM di Indonesia.

Selain itu mereka juga menuntut penerapan kebijakan subsidi tepat sasaran dan mendorong Pemerintah membuka keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan penyaluran BBM bersubsidi.

Artikel Terkait