Polisi Yakin Ajang Street Race Bisa Tekan Angka Kecelakaan

Pihak Kepolsian yakin bahwa ajang street race bisa tekan angka kecelakaan akibat balap liar yang seperti fenomena gunung es

Polisi Yakin Ajang Street Race Bisa Tekan Angka Kecelakaan
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Penyelenggaraan street race di Kawasan Ancol, Jakarta utara pada 16 Januari 2022 lalu diyakini bisa menjadi wadah masyarakat menyalurkan hobinya secara legal. Selain itu, ajang ini juga diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan dalam aksi balap liar.

Pasalnya kecelakaan pada balap liar dinilai seperti fenomena gunung es yang jumlahnya sebenarnya lebih besar dari catatan selama ini. Tentunya kondisi tersebut harus menjadi perhatian khususnya pihak kepolisian.

“Kecelakaan balap liar cenderung tidak tercatat karena tidak dilaporkan. Mereka tabrakan, kecelakaan, langsung dibawa sehingga mereka tidak lapor ke kami,” ujar Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Photo : pribadi

Perhatian tak hanya tertuju pada keselamatan, kenyamanan pengguna jalan juga harus menjadi fokus tersendiri. Ada sedikitnya 39 lokasi yang sering dijadikan tempat balap liar dan pelaku kerap menutup akses jalan sehingga mengganggu lalu lintas kendaraan.

Untuk itu, ajang Street race akan diselenggarakan secara rutin dan dalam waktu dekat akan digelar di Tangerang Selatan, Bekasi serta Tangerang. Diharapkan melalui ajang street race bisa tekan angka kecelakaan dan aksi balap liar juga berkurang.

“Jadi mereka punya wadah, tidak lagi melaksanakan balapan di tempat umum dengan menutup jalanan tetapi mereka sudah kita wadahi untuk melaksanakan balapan di lokasi yang sudah disediakan. Dengan demikian keamanan lebih terjaga tidak mengganggu arus lalu lintas dan masyarakat,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya.

Photo : pribadi

Sebelumnya diberitakan bahwa ajang street race telah berhasil diselenggarakan dan diikuti oleh 350 pembalap. Mereka bertanding dalam 8 kelas yaitu Matic, sport dua tak, kelas sunmori, bebek dua tak, bebek empat tak, kelas FFA, sport 4 tak serta kelas vespa.

Berbeda dengan balap liar yang tidak ada aturan pasti, dalam street race peserta harus memenuhi beragam aturan sebelum bisa bergabung. Salah satunya adalah harus menggunakan beragam perlengakapan keselamatan seperti sepatu hingga helm full face.

Sayangnya, dalam gelaran perdana street race konsepnya adalah latihan bersama. Konsep ini membuat tidak ada hadiah yang diserahkan kepada peserta pada akhir penyelenggaraan.

Artikel Terkait