Ponsel Android Bisa Deteksi Kecelakaan Mobil

Google Pixel tengah mengembangkan fitur pintar untuk ponsel Android bisa deteksi kecelakaan mobil dalam waktu dekat

Ponsel Android Bisa Deteksi Kecelakaan Mobil
Photo: 123rf

TRENOTO – One Google Pixel dikabarkan tengah mengembangkan fitur terbarunya. Nantinya para pengguna ponsel berbasis Android bisa deteksi kecelakaan mobil.

Menggunakan sensor yang ditanamkan dalam gawai, ponsel berbasis Android bisa mengetahui penggunanya mengalami kecelakaan saat berkendara. Bahkan jika diperlukan teknologi tersebut bisa melakukan penggilan darurat.

Kecelakaan ketika tengah mengendarai mobil masih banyak terjadi di berbagai belahan bumi. Penyebabnya bermacam-macam dan tidak sedikit yang merupakan kelalaian pengendara.

Pada kasus kecelakaan fatal, pengemudi hingga penumpang bisa saja mengalami kehilangan kesadaran. Hal ini membuat seseorang kehilangan nyawa karena terlambat mendapatkan pertolongan.

Photo : autoevolution

Hal inilah yang kemudian menjadi inspirasi untuk diciptakannya teknologi ‘penyelamat’. Dilansir dari Autoevolution cara kerjanya mirip sistem pendeteksi pada smartwatch.

Jam tangan pintar dilengkapi sensor dapat mengetahui apabila penggunanya terjatuh. Ketika terjatuh, jam tersebut akan bereaksi dengan mengajukan pertanyaan sederhana.

Jika penggunanya masih bisa menjawab, lalu sistem tersebut menawarkan bantuan untuk memanggil petugas medis. Namun apabila tidak ada jawaban dari pemilik, sistem akan langsung meminta bantuan medis dari rumah sakit terdekat.

Cara kerja jam tangan pintar tersebut di atas, juga digunakan untuk ponsel. Pengguna gawai berbasis Android akan dilindungi dengan sistem pendeteksi kecelakaan mobil.

Baca juga : Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI Dimulai, Catat Rutenya

Sistem tersebut akan memanggil ambulans apabila pengguna kendaraan tidak merespon. Bahkan ponsel bisa membagikan situasi lebih detil seperti lokasi kecelakaan.

Disebutkan lebih lanjut bahwa fitur Google Pixel sudah dikembangkan sejak Maret 2020. Car Crash Detection disebutkan sebagai teknologi yang bisa menyelamatkan nyawa.

Kemudian fitur tersebut akan bisa dinikmati oleh seluruh pengguna ponsel Android di seluruh dunia. Adapun pengembangan pada fiturnya kali ini terdapat fungsi siaran langsung.

Photo : autoevolution

“Fitur pendeteksi kecelakaan akan ada pada pembaruan sistem yang akan datang. Namun teknologi tersebut akan diuji coba lebih lanjut oleh manufaktur sebelum dilempar ke pasaran,” tulis Autoevolution.

Hingga saat ini belum ada kepastian kapan fitur tersebut mulai bisa diterapkan di gawai berbasis Android. Menurut kabar hadirnya fitur penyelamat nyawa ini akan bisa dinikmati konsumen pada Android 13.

Artikel Terkait